in

Sejumlah Kelurahan di Kota Pekalongan Segera Deklarasi ODF

Kegiatan olah raga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Pekalongan. (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan, 12 November 2022 akan mendeklarasikan bebas open defecation free (ODF), bertepatan dengan upacara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Indah Kurniawati, setelah mengisi acara Pertemuan Koordinasi, Advokasi dan Pendampingan Penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Forum Kepemudaan Kota Pekalongan, di Hotel Nirwana Pekalongan, Selasa (8/11/2022).

Menurut Indah Kurniawati, keenam kelurahan ini akan menyusul 21 kelurahan lainnya di Kota Pekalongan, yang sudah terlebih dahulu mendeklarasikan bebas ODF, ditambah 1 Kecamatan Pekalongan Selatan ikut mendeklarasi bebas dari Buang Air Sembarangan.

Dengan adanya deklarasi tersebut, seharusnya sudah tidak ada lagi warga di wilayah itu yang buang air besar di sembarang tempat.

“Kami masih punya PR untuk 3 kecamatan lainnya yaitu Pekalongan Barat, Pekalongan Utara, dan Pekalongan Timur, dimana deklarasi ODF ini penting untuk status suatu daerah disebut sebagai Kota/Kabupaten Sehat,” kata dia, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Selain deklarasi ODF, dalam rangka menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Dinas Kesehatan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari termasuk perlombaan dan seminar.

“Rangkaian acara HKN Tahun 2022 di Kota Pekalongan antara lain lomba-lomba yang sudah kami laksanakan mulai Senin kemarin hingga Hari Kamis mendatang (7-10 November 2022),” kata dia.

Adapun sejumlah acara yang digelar, yaitu pertandingan bulu tangkis dan tenis meja berpasangan, lomba karaoke dangdut untuk para pimpinan fasyankes dan struktural di Dinas Kesehatan, serta lomba cuci tangan pakai sabun.

Lanjutnya, selain perlombaan, Selasa (8/11/2022) juga digelar pertemuan  Koordinasi, Advokasi dan Pendampingan Penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Forum Kepemudaan Kota Pekalongan di Hotel Nirwana Pekalongan.

Adapun pada Jumat (11/11/2022) akan digelar seminar untuk umum, mengenai Ilmu Parenting Ketergantungan Anak-Anak Remaja Terhadap Efek Penggunaan Gadget. (HS-08)

Cara Mudah Memperbaiki Flush Toilet Tidak Berfungsi

Tak Hanya Zona Integritas, Bupati Kudus Juga Minta Pegawai Mengedepankan Personal Integritas