in

Sejumlah Inovasi dan Solusi Dari Grab untuk Penuhi Kebutuhan Harian Selama PPKM Darurat

Foto ilustrasi pelayanan Grab.

 

HALO BISNIS – Untuk dapat mencegah penyebaran Covid-19 semakin meningkat, Pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat di pulau Jawa dan Bali dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021. Kebijakan ini tentu membuat sebagian besar masyarakat harus kembali menyesuaikan kegiatan sehari-hari, serta semakin menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

Merespon kebijakan ini, Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara sberusaha melayani masyarakat selama masa PPKM Darurat dengan berbagai inovasi dan solusi.

Grab memiliki sejumlah inovasi dan solusi yang bisa dimanfaatkan untuk bersama mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19. Dengan inovasi dan solusi ini, Grab memastikan bahwa masyakat bisa tetap berkegiatan seperti biasa serta memenuhi kebutuhan harian dengan perlindungan tambahan. Harapannya, masyarakat bisa bersama-sama menjalankan roda perekonomian Indonesia. Apa saja inovasi dan solusinya?

1. Armada yang Bersih dan Lebih dari Ratusan Ribu Pengemudi Telah Divaksin

Dalam PPKM Darurat ini, sejumlah pekerja dari sektor esensial diperkenankan untuk bekerja dari kantor. Oleh karena itu, bagi pekerja sektor esensial, penting untuk meningkatkan perlindungan kesehatan dan kebersihan diri karena harus beraktivitas di luar.

Supaya lebih tenang ketika harus keluar rumah, Grab menghadirkan layanan GrabProtect, protokol kesehatan dan keselamatan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 selama perjalanan.

Armada GrabProtect dilengkapi dengan sekat plastik, baik untuk layanan GrabCar dan GrabBike se-Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Bali. Jadinya, semakin banyak armada GrabProtect yang bisa didapatkan untuk melakukan perjalanan. Pelanggan juga bisa tenang karena 100% mitra pengemudi GrabProtect sudah divaksin demi keamanan.

Selama masa PPKM Darurat, para pelanggan juga bisa mendapatkan tarif layanan GrabBike dan GrabCar Protect dengan lebih terjangkau. Penawaran spesial ini tersedia untuk layanan GrabCar Protect di Yogyakarta, Palembang, Medan, Jawa Barat, dan Semarang, serta GrabBike Protect di berbagai kota di area Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Sebagai bentuk perlindungan ekstra, lebih dari seratus ribu mitra pengemudi dan pengantaran Grab juga sudah divaksin. Pelanggan bisa mengetahui status vaksinasi mereka di layar aplikasi setelah mendapatkan mitra pengemudi.

Grab juga terus melakukan edukasi terhadap protokol kesehatan dan kebersihan, memastikan mitra pengemudi untuk menggunakan masker ganda dan melakukan desinfeksi kendaraan mereka secara berkala di GrabProtect Station yang sudah hadir di lebih dari 60 lokasi di Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bali, Manado, Jayapura, Kupang, Palu, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Mataram, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Palembang dan Lampung.

Grab juga telah memperkenalkan teknologi Geofencing yang dapat mendeteksi dan memberikan peringatan kepada mitra pengemudi Grab yang berkerumun di sebuah area melalui pesan teks atau pop-up di aplikasi mitra pengemudi Grab. Inisiatif ini merupakan bukti nyata Grab dalam menghadirkan layanan yang aman dan nyaman bagi mitra pengemudi dan pelanggan Grab.

2. Penuhi Kebutuhan Harian Bahan Makanan, Layanan Kesehatan, hingga Bersih-bersih bersama Grab

Jaga kesehatan dan kebersihan diri dengan baik. Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini menimbulkan risiko bagi diri dan juga siapapun di sekitar kita.

Sebisa mungkin, kurangi berkegiatan di luar dan hindari berkumpul dengan mereka yang tidak serumah. Temukan banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah seperti melakukan pertemuan virtual bersama keluarga atau teman, berolahraga di rumah, ataupun meningkatkan kemampuan memasak di rumah. Dengan bantuan teknologi, kini semuanya terasa lebih mudah.

Grab telah memperkuat layanan GrabFood dan juga GrabExpress di masa tidak menentu ini. Dengan kolaborasi bersama mitra merchant dan juga online seller di seluruh Indonesia, kini pelanggan bisa tetap menikmati makanan kesukaan dari rumah.

Pelanggan juga tetap bisa memberikan rasa perhatian kepada keluarga, teman, maupun pasangan dengan mengirimkan barang atau makanan.

Lebih aman, karena Grab juga menerapkan pengantaran tanpa kontak untuk saling menjaga jarak aman. Untuk pelanggan yang ingin memasak di rumah, belanja kebutuhan harian sekarang juga lebih mudah karena ada GrabMart yang bisa bantuin untuk berbelanja kebutuhan dari berbagai toko yang tersedia, dan GrabAssistant yang juga siap cari dan antar barang apapun yang diperlukan di luar toko-toko yang terdaftar di platform Grab.

Jika pelanggan membutuhkan layanan kesehatan atau membutuhkan obat-obatan, bisa mengakses layanan GrabHealth dari rumah. Dengan layanan ini, pelanggan juga bisa konsultasi lewat layanan telemedicine dengan dokter-dokter profesional di seluruh Indonesia.

Juga jika tengah menjalani isolasi mandiri, pelanggan juga bisa konsultasi dengan dokter dan membeli obat-obatan serta vitamin dari GrabHealth. Selain itu, Grab juga telah memperkenalkan layanan Clean & Fix bagi mereka yang membutuhkan jasa rumah seperti tukang reparasi alat, pembersih hingga pemeliharaan AC bisa langsung membuka layanan ini di aplikasi Grab. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa akses blog Grab.

Grab juga meluncurkan paket berlangganan spesial khusus ‘PPKM’ untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para pelanggannya dengan sejumlah layanan di aplikasi Grab dari 7 hingga 20 Juli 2021.

Pelanggan Grab dapat memiliki paket berlangganan PPKM ini hanya dengan membayar Rp 1.000 dan mendapatkan paket senilai total Rp 408.000 berisi voucher GrabFood, GrabExpress, hingga Grab Assistant tanpa minimal pemesanan dan jarak pengantaran.

Paket ini berlaku di Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bali, Semarang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Malang, Pontianak, dan Manado.

3. Ayo Segera Daftarkan Diri untuk Mengikuti Program Vaksinasi!

Vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 saat ini. Grab bersama dengan Good Doctor telah berpartisipasi untuk mendukung program Vaksinasi Covid-19 Nasional di lebih dari 54 kota dan kabupaten se-Indonesia.

Sentra vaksin tersebut telah memvaksinasi ratusan ribu masyarakat, termasuk lansia, penyandang disabilitas, pekerja sektor pariwisata, serta mitra pengemudi di berbagai wilayah Indonesia.

Ini juga merupakan bagian dari komitmen Grab dalam melindungi masyarakat, terutama mitra pengemudi agar dapat bekerja dengan lebih aman dalam membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa cek terus informasi agar bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program vaksinasi.

Untuk memudahkan akses menuju lokasi vaksinasi dan memberikan rasa aman selama perjalanan, Grab juga menyediakan layanan GrabProtect yang siap mengantarkan pelanggan dan keluarga serta tenaga kesehatan ke pusat vaksinasi dan fasilitas kesehatan lainnya yang dituju, dengan biaya perjalanan yang lebih terjangkau.

“Mari kita bergotong royong memerangi penyebaran virus Covid-19. Grab terus bekerja sama dengan Pemerintah untuk dapat mendukung program vaksinasi dan menghadirkan inovasi dan solusi, yang dapat membantu masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini. Pada saat yang bersamaan, kami juga memberdayakan UMKM dan mitra pengemudi untuk dapat berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian. Kami berharap Grab dapat terus membawa lebih banyak dampak positif di Indonesia untuk mendukung pemulihan ekonomi,” tutup Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia.(HS)

Share This

Jalin Komunikasi, Pemuda Katolik Semarang Gelar Greeting Secara Daring

Menjaga Hari Raya Kurban yang Aman di Saat Pandemi