Sejarah 234 Desa di Temanggung, Kini Terdokumentasi

Penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Video Narasi Temanggungan dan Lomba Sejarah Desa, di Ruang Rapat Kompleks Pendapa Pengayoman (Foto : Temanggungkab.go.id)

 

HALO TEMANGGUNG – Panitia HUT Ke-186 Kabupaten Temanggung berhasil mengumpulkan 234 naskah sejarah desa-desa di wilayah itu, dalam Lomba Video Narasi Temanggungan, dan Lomba Sejarah Desa. Lomba tersebut digelar dalam rangka HUT Ke-186 Kabupaten Temanggung.

Dalam sambutan pada penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba di Ruang Rapat Kompleks Pendapa Pengayoman,  Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan Panitia HUT Ke-186 Kabupaten Temanggung, mempunyai misi mendokumentasikan sejarah desa-desa di Kabupaten Temanggung, untuk nguri-nguri budaya desa dan pengarusutamaan logat asli Temanggungan.

“Lomba menulis narasi sejarah desa-desa ini, untuk mendokumentasikan dan menggali fakta-fakta sejarah, mengumpulkan mitos, dongeng di seluruh desa-desa, yang mana itu tidak terpisahkan dari sejarah Temanggung, baik itu sejarah tentang kebudayaan maupun sejarah sosial” , terang Bupati, Selasa (22/12), seperti dirilis Temanggungkab.go.id.

Sampai lomba ditutup, terkumpul 234 naskah narasi sejarah, yang akan didokumentasikan sebagai bukti sejarah, bagi generasi yang akan datang. Dengan demikian mereka mengetahui sejarah desanya, sejarah kebudayaannya dan sejarah masyarakatnya.

“Dari sini, generasi muda bisa belajar untuk membangun masa depan yang lebih baik tanpa meninggalkan nilai-nilai yang diajarkan oleh nenek moyangnya”, tambah Bupati.

Tentang Lomba Video narasi bertutur Temanggungan, bertujuan untuk mengarusutamakan dan nguri-uri bahasa Jawa dialek asli  temanggungan, yang akhir akhir ini mulai luntur di tengah masyarakat, terutama di generasi mudanya.

“Ini tidak terlepas dari keterbukaan informasi, dan interaksi yang lebih intensif antara Temanggung dan luar daerah atau sebaliknya, interaksi budaya, tutur dan bahasa ini menjadi bercampur-campur, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kabupaten Temanggung untuk mempertahankan logat dan bahasa yang bahasa khas tersebut ,” Jelasnya.

Pada akhir sambutannya, Bupati berharap semoga ini bisa menjadi trending  di masyarakat untuk membuat video baru dengan konten-konten yang baru dengan narasi khas Temanggungan. (HS-08)

 

Daftar Pemenang Lomba Video Narasi Temanggungan dan Lomba Sejarah Desa

 

Lomba Menulis Sejarah

Juara 1 : Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Temanggung, dengan total nilai 2.000

Juara 2 :  Desa Candimulyo, Kecamatan Kedu, dengan total nilai 1.400

Juara 3 : Desa Krempong, Kecamatan Gemawang, dengan total nilai 1.200

 

Lomba Video Narasi Temanggungan

Kategori Santri

Juara 1 : Wahyu Adi Nugroho, judul video “Tolabul Ilmi” dengan total nilai 93

Juara 2 : Balqis Falasifah judul video “Ing Sakwijinig Dino” dengan total nilai 76

Juara 3 :  Mafazatin Nailia judul video “Samier” dengan total nilai 74

Juara favorit : Balqis Falasifah dengan total like 938

 

Kategori Pelajar

Juara 1 : Marchel Denova judul video “Jebul Tok Sedelo” dengan total nilai 94

Juara 2 :  Tesar Alfian judul video “Dolan Desa Wisata” dengan total nilai 76

Juara 3 : Sofia Inayati judul video “Nrithik Minali Mbako” dengan total nilai 75

Juara favorit  : Smk Muhammadiyah 1 Ngadirejo dengan total like 418

 

Kategori Umum

Juara 1 :  Ika Darmayanti judul video “Ngulek Sambel”  dengan total nilai 100

Juara 2 :  Nurshodik judul video “Ngoyoworo Wong Nggunung” dengan total nilai 87

Juara 3 : Suparjo judul video “Ngudhiroso Budoyo Kethoprak” dengan total nilai 76

(Sumber : Temanggungkab.go.id)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.