in

Sejak Kecil Suka Membaca

Annisa Dewi Yustita, Corporate Communications Specialist PT Phapros Tbk.

 

MENYUKAI buku dan senang membaca sejak lama, inilah yang menjadi hobi cewek cantik Annisa Dewi Yustita hingga saat ini. Diakui Annisa, panggilan akrabnya, jika aktivitas menyalurkan hobinya dengan membaca buku baik fiksi dan non fiksi, juga sekaligus untuk mengisi waktu luang di sela-sela padatnya rutinitas pekerjaan di salah satu perusahaan farmasi.

Apalagi saat ini perusahaan menerapkan sistem Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO), sehingga banyak karyawan termasuk dirinya lebih banyak bekerja dari rumah.

“Aku memang dari dulu suka baca buku. Genre bukunya macam-macam, mulai dari novel, non-fiksi sampai buku parenting,” kata cewek kelahiran, Jakarta, 31 Juli ini, Rabu (28/7/2021).

Annisa menambahkan, jika jenis bacaan komik dan novel yang paling disukainya di antaranya adalah komik berseri Miiko, Detective Conan dan Harry Potter.

“Kalau novel Harry Potter aku sudah punya koleksinya lengkap dari kecil,” ucap cewek yang juga punya hobi nonton film ini.

Annisa juga menceritakan, jika koleksi buku bacaannya lebih banyak buku-buku non-fiksi daripada yang fiksi.

“Misalnya buku yang paling aku suka baca berjudul “Make It Happen” karya konsultan keuangan, Prita Ghozie. Pasalnya, di buku itu aku bisa belajar banyak cara ngatur keuangan, selain itu karena bahasanya juga mudah dipahami dan ada semacam worksheet buat kita latihan ngatur keuangan,” papar cewek ramah ini.

Dia mengatakan, rata-rata waktu untuk menyelesaikan membaca satu buku, bervariasi.

“Bisanya satu buku bisa aku selesaiin dalam waktu 3 hari sampai seminggu, tergantung mood juga mempengaruhi. Dulu waktu masih single sih, dalam sebulan pasti ada satu sampai dua buka yang selesai kubaca. Tapi sejak punya anak untuk satu buku saja agak lama selesaikannya,” kata Annisa yang kini tinggal di Bekasi.

Selain hobi membaca, Annisa juga aktif di dunia tulis-menulis. Aktivitas menulis itu juga untuk menjadi sarana menuangkan ide-idenya kepada orang lain.

“Seperti saat ini sering nge-blog khusus mengulas tentang parenting. Untuk sekadar berbagi informasi parenting kepada para orang tua lainnya. Kadang mengikuti webinar tentang parenting, karena saya sekarang juga baru punya balita,” terangnya.

Menurut Annisa, kadang kemampuan membaca dan menulis ini masih dianggap hal yang sepele. Tidak harus menjadi kutu buku dulu baru untuk bisa pinter dan berwawasan.

“Sekarang kan banyak cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan, dengan memanfaatkan informasi dari internet, asalkan kita bisa memfilter informasi dengan baik,” jelas Annisa.

Manfaat yang dipetik, dari kebiasaan baik dari baca-tulis, kata Annisa, salah satunya saat terjun di dunia kerja.

“Tapi kemampuan baca tulis ini bakal kerasa manfaatnya ketika kita masuk di lingkungan pekerjaan dan masyarakat. Apalagi sekarang kalau kita kerja kan pasti harus bikin laporan tertulis, makanya paling nggak kita harus tahu gimana nulis yang baik, nggak perlu bagus-bagus amat kayak sastrawan. Kan yang penting tulisannya terstruktur dan mudah dimengerti orang lain,” pungkas wanita yang sekarang bekerja sebagai Corporate Communications Spesialist PT Phapros Tbk.(HS)

Share This

Kecelakaan Di Turunan Silayur Semarang, Truk Muatan Tebu Terguling Ke Saluran Air

Disperkim Kota Semarang Siapkan Juknis Kriteria Lahan Makam yang Diserahkan Pihak Pengembang