in

Sejak H+1 Lebaran, Pengunjung Kota Lama Meningkat

Suasana ramai wisatawan di Kota Lama Semarang, Jumat (21/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Kota Lama Semarang masih menjadi incaran wisatawan saat setelah Lebaran. Meskipun libur Lebaran sudah usai, terlihat pengunjung lebih ramai dari biasanya.

Wisatawan yang datang tidak hanya dalam kota saja, namun juga berasal dari luar Kota Lumpia. Nampak wisatawan berjalan, bersepeda sambil swafoto mengelilingi bangunan-bangunan bergaya Eropa.

Hal itu semakin membuktikan bahwa keindahan Kota Lama Semarang tidak pudar meski di tengah pandemi Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan, Kota Lama masih dapat mendukung perputaran perekonomian di tengah masa sulit ini.

Hal itu diungkapkan oleh Andik, salah satu security di Kota Lama Semarang. Peningkatan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak H+1 Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“Mulai H+1 Lebaran sudah agak naik. Mungkin efek dari tidak boleh mudik. Sehingga mungkin melampiaskan ke tempat tepat wisata. Cuma kita harus ketat supaya prokes diterapkan,” ujar Andik, Jumat (21/5/2021).

Andik mengatakan, sebagai satuan pengamanan pihaknya sudah mengantisipasi jika terjadi kelebihan kapasitas pengunjung di Kota Lama Semarang.

Pihaknya akan melakukan sterilisasi dengan berpatroli gabungan bersama dengan TNI dan Polri, serta Satpol PP. Kegiatan tersebut dilakukan lebih awal dari hari-hari biasa sebelum Lebaran.

“Kami lakukan juga penutupan jalan pada H+1 Lebaran. Jalan ditutup pukul 10 malam. Jadi arus perempatan menuju Kota Lama kami tutup,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu wisatawan, Zara, mahasiswa asal Karawang yang menyambangi Kota Lama bukan untuk sekedar berwisata. Dia tertarik mengunjungi Kota Lama karena ketertarikannya dengan bangunan-bangunan bersejarah.

“Tertarik ke sini karena di kota saya tidak ada wisata yang seperti ini,” kata Zara yang sedang mengenyam pendidikan di universitas di Semarang.

Alasan lain disampaikan Zara, karena adanya larangan mudik Lebaran dirinya tidak dapat pulang ke kampung asalnya. Mengunjungi Kota Lama yang menjadi pilihan satu-satunya sekaligus mendapatkan pengetahuan.

“Tidak mudik, di kosan bingung mau ke wisata selain Kota Lama kurang menarik. Di sini bisa sekalian belajar,” imbuhnya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (21/5/2021)

Pemkot Semarang Luncurkan Aplikasi Sambel Tempe