Secara Ekonomi, ESL Mutlak Diperlukan

Joan Laporta/dok.

 

HALO SEMARANG – Secara ekonomi, European Super League (ESL) mutlak diperlukan. Presiden FC Barcelona Joan Laporta mengemukakan hal itu, Jumat (23/04/2021).

Menurut pria 58 tahun ini, ESL sangat dibutuhkan oleh klub. Sayang, rencana ESL berantakan setelah banyak tim yang menarik diri.

Dari awalnya 12 klub, kini tinggal Real Madrid, Barcelona, dan Juventus yang bertahan. Sembilan tim yang lain menyatakan mundur.

Tekanan dari para suporter membuat mereka mengambil langkah untuk menarik diri. Tim Big Six dari Liga Primer Inggris, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Arsenal memilih mundur.

Hal itu diikuti Inter Milan dan AC Milan, serta Atletico Madrid. Tinggal tersisa tiga klub yang belum menyatakan sikap untuk mundur.

Laporta menegaskan sangat menginginkan kompetisi ini tetap bergulir. Dia berharap bisa berdiskusi dengan Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) terkait kelangsungan ESL.

UEFA mengancam bakal memberi sanksi klub-klub yang tampil di ESL. Laporta yakin ESL akan memberikan dampak positif secara ekonomi kepada klub.

Meski demikian, dia menuturkan keputusan Barcelona soal ajang ini tetap di tangan para anggota klub atau socio.

‘’Kami mendukung penuh kompetisi domestik dan akan berbicara dengan UEFA,’’ ungkap Laporta seperti dilansir dari Marca.

‘’Kami harus berhati-hati dalam menentukan sikap. Ini adalah hal yang kami butuhkan. Namun, keputusan terakhir ada di tangan anggota klub,’’ jelasnya.

Laporta optimistis ESL bakal menjadi kompetisi yang menarik berdasarkan pada nilai olahraga. Dia meyakini akan ada jalan tengah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.