in

Secara Drive Thru Flora dan Fauna di Semarang Ikuti Pemberkatan

Romo Eduardus Didik Chahyono SJ saat memberkati anjing milik umat Katolik di SD Kanisius Kurmosari, Minggu (10/10/2021).

 

HALO SEMARANG – Gereja Santa Theresia Bongsari Kota Semarang menggelar pemberkatan. Tak seperti biasanya, pemberkatan diberikan untuk hewan-hewan peliharaan serta tanaman kesayangan umat Katolik.

Acara pemberkatan tersebut digelar secara drive thru untuk memperingati perayaan ulang tahun Paroki Santa Theresia ke 53 di pelataran SD Kanisius Kurmosari, Minggu (10/10/2021).

Selain dalam rangka perayaan Paroki Theresia ke-53, pemberkatan flora dan fauna itu untuk membumikan semangat Santo Fransiskus dari Asisi Italia, yang memiliki kedekatan dengan hewan dan tumbuhan.

“Bukan itu saja, semangat Santo Fransiskus juga kami bumikan dalam acara, karena ia sosok yang sangat dekat dengan tanaman dan binatang. Bahkan ia memanggil mereka dengan istilah saudara dan saudari,” kata Romo Eduardus Didik Chahyono SJ, Minggu (10/10/2021).

Ia menjelaskan, pemberkatan hewan dan tumbuhan mendapat tempat dalam tradisi di gereja Katolik. Hal itu untuk mengingatkan tugas menjaga dan melestarikan keutuhan ciptaan Tuhan.

Tidak hanya anjing, kucing, dan burung yang mengikuti pemberkatan, pemberkatan diikuti sekitar 100 peserta dari umat Katolik.

“Tanaman juga ada yang dibawa ke sini, tadi tanaman telang. Ada juga kelinci dan kura-kura,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Theresia Anna dari Griya Satwa Lestari Pamularsih Kota Semarang menuturkan, kegiatan pemberkatan itu dilakukan setiap tahun sekali.

“Acara ini digelar sejak pukul 11.00 WIB sampai sore. Mereka mendaftar secara online,” katanya.

Pihaknya tidak membatasi umat Katolik membawa jenis-jenis flora serta fauna untuk diberkati. Seluruh spesies diterima dalam pemberkatan.

“Bermacam-macam hewan serta tanaman yang diikutkan dalam pemberkatan, pendaftaran yang kami buka melalui online sudah terisi hampir 100 peserta, dan ditambah yang langsung datang ke lokasi pemberkatan,” tambahnya.

Satu di antara peserta yang tampak membawa hewan peliharaan, Margaretha Bela Negara (23) asal Pedurungan Kota Semarang membawa kura-kura berusia 20 tahun. Ia mengingatkan hewan kesayangannya itu untuk diberkati supaya sehat dan panjang umur.

“Ini namanya Ninja, umurnya 20 tahun. Pemberkatan ini mengajarkan saya belajar untuk mengasihi binatang, dan harus dirawat seperti mahluk ciptaan tuhan lainya,” tuturnya.(HS)

Share This

Kembangkan Potensi Wisata di Weleri, Gantangan BnR Kalikuto Diresmikan

Selalu Meminta Lawan yang Paling Sulit