Sebelum Juni 2021 Masyarakat Bisa Akses Informasi dari Website OPD di Klaten

Pelatihan penggelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang digelar Bidang Informatika Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Masyarakat Kabupaten Klaten kelak dapat memperoleh informasi tentang organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah itu, tanpa harus dating langsung. Mereka cukup mengakses informasi dari website OPD tersebut.

Manfaat website bagi OPD tersebut, mengemuka dalam pelatihan penggelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang digelar Bidang Informatika Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten. Pelatihan tersebut yang digelar mulai kemarin hingga pekan depan itu, bertujuan untuk meningkatkan layanan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara daring.

Kepala Bidang Informatika Diskominfo Klaten, Ali Surakhmad mengatakan pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati Klaten, Sri Mulyani terkait penyediaan kanal aduan dari masing-masing OPD. Adapun sasaran pelatihan meliputi 33 OPD, 26 kecamatan, dan 10 kelurahan di Kabupaten Klaten.

- Advertisement -

“Untuk kanalnya sudah disesuaikan, sehingga tata kelola sama untuk setiap OPD,” paparnya, saat memberikan pengantar pelatihan di ruang rapat Diskominfo Klaten, Rabu (17/3), seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Menurut Ali Surakhmad, keberadaan website, juga merupakan kelengkapan dari pengelolaan informasi dan dokumentasi secara digital. Karenanya ia meminta kepada masing-masing OPD untuk menyiapkan admin khusus yang mengelola website.

“Pengelolaan website harus ada admin khusus, misal unggah dokumen dan mengelola informasi mana yang bisa disampaikan ke publik. Sehingga website lebih informatif. Ini juga memudahkan OPD, karena tidak harus selalu membawa dokumen fisik, tapi bisa diunduh dimanapun dan kapanpun,” kata dia.

Ali menambahkan keberadaan websiste yang terkelola dengan baik memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi seperti kebijakan daerah hingga peraturan daerah tanpa perlu datang langsung ke OPD terkait. Terlebih bila informasi yang diakses bersifat umum.

Sementara itu, Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Klaten juga memfasilitasi pembentukan sistim komunikasi dan informasi berbasis website, bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Klaten. Ditargetkan sebelum Juni 2021 sebanyak 50 website OPD sudah bisa digunakan.

Kepala Diskominfo Klaten Amin Mustofa, mengatakan sebelum pertengahan 2021 diharapkan website di semua OPD Klaten bisa digunakan. Utamanya untuk memenuhi asas transparansi dan akuntabilitas pemerintah dan meningkatkan kualitas layanan publik.

“Kami menargetkan sebelum Juli 2021 semua website OPD di Klaten sudah bisa digunakan. Diskominfo telah memberikan username dan pasword kepada tim teknis semua OPD, yang dikirimkan untuk mengikuti bintek. Ke depan tinggal bagaimana update dan pengelolaannya. Kalau hal itu (update data) sangat tergantung komitmen pejabat publik masing-masing OPD” pesan Amin kepada Tim Pemberitaan Diskominfo, Rabu, 17/03).

Dia menambahkan institusinya sudah berusaha memenuhi kebutuhan pemerintah terkait sistem komunikasi dan informasi, agar pemerintahan berjalan efektif. Tantangan ke depan adalah pengelolaannya. Jangan sampai website yang dibangun justru mangkrak.

“Website itu teknologi. Kalau teknologi tidak dimanfaatkan, maka ya mubadzir alias tidak ada nilainya. Maka kami berpesan jangan sampai website itu nanti mangkrak sebab malas mengisi kontennya” tandasnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.