in

Sebanyak 30 Ribu Guru di Jawa Tengah Mengikuti Webinar Series Platform Merdeka Mengajar

Suasana kegiatan pelatihan guru di Jawa Tengah menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023 secara Webinar dengan menggunakan platform Merdeka Mengajar.

HALO SEMARANG – Tahun ajaran baru 2022/2023 akan segera dimulai secara serentak di Provinsi Jawa Tengah pada 11 Juli 2022.

Dalam rangka menghadapi ajaran baru tersebut, Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah terus memberikan pelatihan kepada satuan pendidikan yang sudah mendaftarkan mengikuti IKM Mandiri.

Pelatihan itu bertujuan agar para pendidik dapat segera mengakses PMM (Platform Merdeka Mengajar) sebagai modal dasar dalam mengambil materi yang tersedia di platform tersebut.

Plt Kepala BBPMP Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti menyampaikan bahwa mulai tanggal 5 – 7 Juli 2022, Widyaprada telah memberikan pelatihan webinar series PMM kepada 30.000 guru bagi sekolah pendaftar IKM Mandiri yang sangat penting dikuasai oleh guru di satuan pendidikan.

“Materi PMM ini penting bagi para guru agar mereka bisa mengakses semua sumber yang disediakan platform tersebut, dengan webinar series ini para peserta bisa tahu cara membuka platform dan belajar Mandiri maupun kelompok karena pemateri menyampaikan dengan detail dan bertahap,” ujarnya, Jumat (8/7/2022).

Sebanyak 30.000 peserta tersebut dibagi menjadi dua kelompok besar, dan webinar series kali ini begitu spesial bagi BBPMP Jawa Tengah dengan besarnya target jumlah peserta.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, panitia membagi menjadi beberapa sesi yang terbagi pada masing-masing 15 ribu peserta dan dibagi tiap kabupaten/kota pada waktu yang sama.

Setiap kabupaten/kota bisa mengikuti link zoom webinar series yang sudah disediakan panitia pelaksana dari BBPMP Jawa Tengah. Kegiatan ini juga bisa diikuti via channel youtube agar sekolah IKM Mandiri bisa mengikuti semua.

Rija, salah seorang panitia pelaksana dari BBPMP Jawa Tengah yang juga menjadi moderator webinar series untuk Kabupaten Tegal mengatakan, kegiatan diikuti oleh stakeholder pendidikan di Kabupaten Tegal ini mengambil tema Siap Melaksanakan IKM Mandiri dengan Platform Merdeka Mengajar.

“Kegiatan webinar series dari Kabupaten Tegal ini diikuti oleh peserta dari jenjang PAUD, SD, SMP dan perwakilan Dinas Pendidikan. Sedangkan narasumber berasal dari BBPMP Jawa Tengah dan CoKapten Kabupaten,” terangnya.

Lebih lanjut Rija menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar memastikan para guru di satuan pendidikan mengaktifkan akun belajar.id dan membuka platform merdeka mengajar dan belajar materi yang ada di dalam platform.

Kegiatan secara simultan ini diharapkan menjadi tonggak perubahan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan materi yang dipelajari dari Platform merdeka mengajar dan bisa terus didiskusikan, diperbaiki, disesuaikan pada satuan pendidikan. (HS-06)

Ulang Tahun ke-12, Dafam Hotel Jadikan Momentum Bermetamorfosa Menjadi Lebih Baik

PSS Sleman Tetap Yakin di Semifinal Kedua Piala Presiden 2022