in

Sebagai Wujud Kepedulian Lingkungan, PT PII Salurkan CSR Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Urban Farming

Ibu-ibu warga RW 04, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang menanam tanaman bantuan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII.

 

HALO SEMARANG  – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, salahsatu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan RI, melalui program tanggung jawab sosialnya (Corporate Social Responsibilities atau CSR) menggelar Program Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Urban Farming untuk warga RW 04, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Senin (13/9/2021).

Program Pemberdayaan EkonomiKreatif Urban Farming ini dimulai sejak Juni 2021 dan sempat terhenti ketika diberlakukannya PPKM. Program ini diawali dengan sosialisasi program yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan bagi warga untuk memperkaya wawasan mulai dari pengenalan Urban Farming, pembibitan, pindah tanam, pemupukan, perawatan tanaman, pembuatan rumah kaca, demplot dan juga pengenalan tanaman estetik. Selain itu, program seperti ini sebelumnya pernah dilaksanakan oleh PT PII untuk warga RW 02 Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada bulan Oktober-Desember 2020.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyambut baik apa yang dilakukan oleh PT PII terhadap warga yang berada di sekitar proyek SPAM Semarang Barat.

“Kepedulian PT PII kepada warga terdampak proyek merupakan langkah nyata yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga. Kami berharap program urban farming ini, selain dapat mendorong kemandirian warga juga berdampak positif terhadap lingkungan permukiman warga yang lebih hijau dan asri,” ujar Hendrar Prihadi.

Direktur Utama PT PII, M Wahid Sutopo dalam sambutannya menyatakan bahwa Program CSR PT PII ini merupakan wujud kepedulian PT PII terhadap warga yang berada di lingkungan sekitar konstruksi IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum), yang merupakan bagian dari proyek SPAM (SistemPenyediaan Air Minum) Semarang Barat. Di mana PT PII berperan sebagai Penyedian Penjaminan Pemerintah pada proyek tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membangun dan menumbuhkan jiwa kemandirian finansial dan nilai tambah ekonomi warga melalui kewirausahaan dan juga bermanfaat bagi lingkungan yang lebih sehat, dengan tersedian Green House di Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang,” lanjut Sutopo.

“PT PII mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan kepada PT PII, sehingga terlaksana kegiatan ini. Khususnya dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kecamatan Mijen dan perangkatnya, Tiga Langkah selaku mitra pelaksana kegiatan, dan tentunya masyarakat Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen atas antusiasnya. Lewat dukungan CSR PT PII dan dukungan stakeholder, kami yakin keberadaan infrastruktur SPAM Semarang Barat dapat memberikan manfaat, tidak hanya layanan air minum berkualitas, namun juga pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar,” tutup Sutopo.(HS)

Share This

Yoyok Sukawi Ajak Semua Pihak Dukung Penyelenggaraan PON Papua

Wacanakan Buat Jalur Penyelamat Darurat di Turunan Sigar Bencah