in

SDN 1 Kebanggan dan SMPN 8 Purwokerto Juara Central Java Scout Festival

Foto : Banyumaskab.go.id

 

HALO BANYUMAS – Pramuka Siaga yang tergabung dalam Barung Putih, Gugus Depan SD Negeri 1 Kebanggan Kwarran Sumbang, berhasil menjadi Juara 1 Golongan Siaga Putri, pada Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah atau Central Java Scout Festival.

Adapun untuk pramuka penggalang putri, yang tergabung dalam Regu Matahari Spade Pangkalan SMPN 8 Purwokerto Kwarran Purwokerto Timur, berhasil menjadi Juara 2 pada lomba yang sama.

Penyerahan penghargaan dilakukan Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarda Jawa Tengah Drs Hernowo Budi Luhur SH MSi, Minggu (31/10) di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas.

Kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif (Central Java Scout Festival) Kwarda Jawa Tengah Tahun 2021, diikuti 1.376 peserta, yang terdiri atas golongan siaga, penggalang, dan penegak dari 30 Kwartir Cabang se-Jawa Tengah.

Ketua Kwarcab Banyumas, Drs Achmad Supartono MSi mengaku bangga kepada Nanda Siaga dari SDN 1 Kebanggan dan Adik adik Penggalang dari SMPN 8 Purwokerto, yang sudah meraih prestasi pada kegiatan yang dilakukan secara hibrid, yaitu daring dan luring.

Dimulai 7 s.d. 10 Oktober 2021 yang dilakukan secara daring hingga 14 s.d. 17 Oktober 2021 yang dilakukan dalam bentuk visitasi (luring).

“Pangakalan SMPN 8 Purwokerto mendapatkan kunjungan Jumat (15/10) dan SD Negeri 1 Kebanggan mendapatkan kunjungan Minggu (17/10). Alhamdulillah keduanya berhasil menjadi Juara,” katanya.

Festival ketrampilan pada tahun ini, untuk golongan siaga lomba hasta karya dan pionering, untuk penggalang lombanya PBB dan pionering, serta penegak Teknologi Tetap Guna dan pionering aplikatif.

Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarda Jawa Tengah, berpesan kepada nanda-nanda, adik-adik dan kakak-kakak, tetap meningkatkan kualitasnya dan mencetak prestasi-prestasi kembali, setelah meraih beberapa prestasi pada perlombaan yang diselenggarakan Kwartir Daerah Jawa Tengah.

“Jangan berpuas diri dan jadikan prestasi itu untuk terus kembangkan potensi,” katanya

Menurutnya Banyumas jadi juara sudah biasa karena Banyumas sudah melalui proses yang benar. Jika proses sudah dilaksanakan dengan benar dan maksimal maka hasil yang didapat juga tidak mengecewakan.

“Hadiah kejuaraan merupakan kebanggaan yang bisa dirasa setelah melakukan perjuangan dalam prosesnya,” tegasnya.

Hasil lengkap Central Java Scout Festival Kwarda Jawa Tengah, berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah Jawa Tengah nomor 180 tahun 2021 yakni : Golongan Siaga putra Juara 1 Kwarcab Kota Semarang, juara 2 Kwarcab Banjarnegara, juara 3 Kwarcab Kota Surakarta. Golongan Siaga Putri juara 1 Kwarcab Banyumas, juara 2 Kwarcab Jepara, Juara 3 Kwarcab Semarang.

Golongan Penggalang Putra juara 1 Kwarcab Kota Semarang, juara 2 Kwarcab Cilacap, juara 3 Kwarcab Tegal. Golongan Penggalang Putri juara 1 Kwarcab Purworejo, juara 2 Kwarcab Banyumas, juara 3 Kwarcab Semarang. (HS-08)

Share This

Camat Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Berharap Kwarran Pramuka Kembali Jaya

Luncurkan Sidaya, Pemkab Semarang Promosikan Budaya dan Seni Lokal ke Dunia