in

Satu Tahun Menjabat, Bupati Klaten Fokus Turunkan Angka Kemiskinan

Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani menekankan dalam masa setahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, banyak pengahargaan yang telah diperoleh. Namun demikian masih ada pekerjaan besar yang harus dituntaskan, yakni penurunan angka kemiskinan, yang turut naik karena dampak pandemi Covid-19.

“Masih banyak tugas yang harus diselesaikan di tahun kedua ini, terutama menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Klaten,” kata dia, berkaitan dengan refleksi setahun Sri Mulyani dan Yoga Hardaya memimpin Klaten. Pasangan itu dilantik 26 Februari 2021 lalu.

Berdasarkan data BPS, persentase jumlah penduduk miskin di Klaten pada 2020 sebesar 12,89 persen. Sementara, persentase penduduk miskin pada 2021 sebesar 13,49 persen. Atau naik sebesar 0,6 persen dari 2020 ke 2021.

Adapun langkah konkrit yang diambil oleh Bupati, di antaranya dengan pemihakan anggaran yang difokuskan pada upaya penurunan angka kemiskinan, termasuk pendataan jumlah rumah tak layak huni (RTLH).

“Pada perubahan APBD 2022 akan kita mulai untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Klaten. Dengan cara apa? Salah satunya pemihakan RTLH yang akan dianggarkan setiap tahunnya secara maksimal,” papar Sri Mulyani, seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Di sisi lain, keberadaan UMKM lokal harus didukung dan difasilitasi. Sehingga diharapkan UMKM menjadi berkembang dan menopang perekonomian masyarakat.

Selain itu, memasuki tahun kedua kepemimpinannya, Sri Mulyani juga menyoroti pertumbuhan pembangunan infrastruktur. Terlebih infrastruktur menjadi angka dasar yang harus dipenuhi dalam pembangunan daerah.

“Selain infrastruktur, ada pendidikan dan kesehatan yang menjadi acuan dasar. Setiap tahun harus dimaksimalkan,” katanya.

Sementara itu sejak dilantik 26 Februari 2021 lalu, Bupati Klaten telah menerima sejumlah pengharagaan, antara lain Anugerah Parahita Ekapraya, Penghargaan Natamukiti Award, Penghargaan Kabupaten Layak Anak, Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Award, dan sejumlah penghargaan lainnya.

“Dalam setahun ini, Alhamdulillah banyak prestasi, tapi juga masih banyak yang harus kita benahi, masih banyak PR yang harus diselesaikan. Sehingga apa yang kita peroleh patut kita syukuri, dan saya berterima kasih kepada masyarakat dan jajaran ASN, karena prestasi dan penghargaan ini untuk mereka, merekalah yang banyak bekerja. Saya hanya sebagai pendorong,” ungkapnya, Selasa (1/3/2022).

Meski mengantongi banyak penghargaan Sri Mulyani menyampaikan masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan untuk menuju Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera. (HS-08)

Refleksi Setahun Kepemimpinan, Bupati Wonogiri Singgung Semangat untuk Bangkit

KBM Klaten Bersinar XII, Jalan Sepanjang 360 Meter di Desa Malangjiwan Dibeton