Satpolkar Kendal Bersama Bea Cukai Semarang Lakukan Sosialisasi Larangan Cukai Ilegal

Satpolkar Kabupaten Kendal bersama Bea Cukai Semarang melakukan sosialisasi pembrantasan cukai ilegal dan pita cukai palsu kepada para pedagang di Balai Kecamatan Rowosari, Rabu (2/12/2020).

 

HALO KENDAL – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkar) Kabupaten Kendal bersama Bea Cukai Semarang melakukan sosialisasi pemberantasan cukai ilegal dan pita cukai palsu, Rabu (2/12/2020) di Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal.

Pada sosialisasi tersebut diikuti oleh para pedagang, khususnya pedagang rokok di wilayah Kecamatan Rowosari.

Kepala Satpolkar Kendal, Toni Ari Wibowo saat dtemui di kantornya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pedagang rokok terkait dengan cukai ilegal, cukai palsu, maupun cukai bekas.

“Tujuannya agar masyarakat memahami apa itu cukai, sehingga pedagang tidak lagi menjual rokok ilegal tersebut, karena melanggar aturan Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai,” ujarnya, Jumat (4/12/2020).

Toni juga menyampaikan, jika ditemukan adanya rokok cukai ilegal, pihaknya akan melakukan tindakan penyitaan.

Namun menurutnya, di Kabupaten Kendal ini belum ditemukan produsen yang memproduksi rokok ilegal.

“Kami sudah melakukan kegiatan preventif maupun represif, yaitu kegiatan dalam bentuk penyitaan rokok cukai ilegal dan cukai bekas. Sampai saat ini di Kabupaten Kendal belum ada produsennya, dan kami hanya menemukan pangsa pasarnya saja,” ungkapnya.

Toni pun menegaskan, pihaknya bersama dengan tim Bea Cukai Semarang akan terus melakukan penekanan untuk memberantas cukai ilegal di wilayah Kabupaten Kendal.

“Kami akan terus giatkan operasi rokok ilegal yang tidak bercukai di wilayah Kabupaten Kendal. Saat ini kami masih gencar bersosialisasi. Namun jika kami temukan adanya produk yang ilegal atau tidak bercukai, akan kami lakukan penindakan,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.