Satlantas Polres Kendal Beri Bantuan untuk Petugas Perlintasan KA

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Fiska Ananda memberikan bantuan kepada petugas perlintasan kereta api di Mapolres Kendal, Sabtu (21/11/2020). (Foto dok Humas Polres).

 

HALO KENDAL – Jelang pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020 dan juga libur panjang akhir tahun 2020, Satlantas Polres Kendal mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas, kepada orang-orang yang bekerja di jalan raya. Khususnya penjaga perlintasan kereta api sebidang maupun sukarelawan pembantu lalu lintas (Supeltas).

Kegiatan sosialisasi yang digelar di Lapangan Indoor Polres Kendal ini diikuti oleh petugas perlintasan dari Dinas Perhubungan, dan juga sukarelawan penjaga perlintasan tanpa palang yang berada di jalur kereta api wilayah Kabupaten Kendal.

Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Fiska Ananda mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang aturan lalu lintas kepada para pekerja, khususnya yang ada di jalan raya.

“Bapak-bapak ini telah membantu tugas kepolisian di titik-titik jalan raya. Tingkat kecelakaan di Kendal cukup tinggi, bisa dilihat dari banyaknya kejadian, baik itu yang mengakibatkan luka ringan, berat maupun, meninggal dunia. Peran mereka dalam membantu tugas kepolisian sangat besar, khususnya dalam mencegah kecelakaan,” terangnya.

Diingatkan oleh AKP Fiska, di perlintasan kereta api, meski sudah ada palang perlintasan, namun masih banyak warga yang nekad menerobos. Hal itu karena masyarakat banyak yang abai pada keselamatannya.

“Apalagi perlintasan sebidang yang tanpa palang, itu lebih rawan lagi,” tandas Kasatlantas Polres Kendal.

Untuk itu, tujuan dikumpulkannya para penjaga perlintasan Kereta Api dan Supeltas ini, supaya nanti mereka dapat masukan tentang cara yang benar, dalam rangka menjaga keselamatan pengguna jalan, baik pengendara maupun warga.

“Kami beri masukan bagaimana cara menjaga dan melakukan pengaturan di perlintasan, agar lebih aman untuk keselamatan semua,” terang AKP Fiska.

Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan guna meningkatkan keamanan mereka. Kasat Lantas Polres Kendal dalam kesempatan tersebut, memberikan bantuan kepada para Petugas perlintasan kereta api dan Supeltas berupa rompi, lampu lalu lintas, face shield, dan juga sembako.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bermanfaat bagi para petugas dan sukarelawan yang telah membantu kepolisian dalam bertugas di lapangan. Semoga kita dapat terus bekerja sama dan saling berkoordinasi,” pungkas Kasat Lantas.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.