in

Satlantas Polres Blora Berikan SIM “Gratis” Untuk Warga yang Lahir 1 Juli

Acara penyerahan SIM yang disponsori oleh Bank BRI, dalam rangka peringatan Hari Bhayakara 2001. (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO BLORA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora, memberikan pelayanan secara “gratis”, kepada pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan, yang lahir pada 1 Juli. Pelayanan khusus tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara 2021.

Kasat Lantas Polres Blora, AKP Edi Sukamto SH MH, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id, mengatakan layanan tersebut sebenarnya bukan SIM gratis, karena tetap ada PNBP yang disetorkan ke negara. Namun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM bagi warga yang lahir 1 Juli tersebut, dibayar oleh Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam pelaksanaan progam ini, Polres Blora memang menggandeng BRI Cabang Blora.

Syarat bagi warga untuk mendapatkan layanan tersebut, kata Kasat Lantas, adalah pemohon lahir pada 1 Juli dan berusia minimal 17 tahun.

Layanan SIM khusus ini berlaku baik perpanjangan maupun pemohon baru. Namun, untuk pembuatan SIM baru, salah satu syaratnya harus berusia 17 tahun ke atas,” kata Kasatlantas Polres  Blora.

Syarat lainnya, ujar AKP Edi Sukamto warga harus memiliki E-KTP dan tanggal lahir 1 Juli, surat keterangan sehat, memenuhi persyaratan pembuatan SIM, lulus ujian teori dan praktik, dan datang ke Satpas Polres Blora untuk mendaftar.

Adapun yang mendapatkan SIM gratis pada momen Hari Bhayangkara ke 75 ada 6 warga yaitu Pardan (perpanjangan SIM C), Rusmiyati (Perpanjangan SIM C), Suyoto (perpanjangan SIM C), Wiji Astuti (Perpanjangan SIM C), M Maftuh (Perpanjangan SIM A), dan M Rafiq Kurniawan (Perpanjangan SIM A).

Lebih lanjut Perwira Polri yang berlatar belakang pendidikan Brimob tersebut, mengatakan  program tersebut merupakan penghargaan dan wujud rasa syukur serta kepedulian Polri kepada masyarakat, yang lahir pada Hari Bhayangkara 1 Juli.

Selain itu, untuk mewujudkan zona integritas dalam rangka menuju WBK dan WBBM. Satlantas Polres Blora terus berbenah terutama dalam pelayanan publik.

“Meski di tengah pandemi, pelayanan prima tetap kami berikan kepada masyarakat. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kasat Lantas. (HS-08)

Share This

Wali Kota Pekalongan Ajak Warganya Patuhi Pelanggar PPKM Darurat

Polri Minta Tak Ada yang Timbun Obat dan Tabung Oksigen Medis