in

Satgas Sapu Bersih Sampah Kali Lusi Dikukuhkan Bupati

Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, mengukuhkan Tim Satgas Sapu Bersih Sampah Liar, di bantaran Kali Lusi, di bawah Jembatan Kaliwangan, Kelurahan Mlangsen, Jumat (8/10). (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi meminta satuan tugas (satgas) Sapu Bersih Sampah Liar, agar aktif di media sosial untuk memantau laporan dan keluhan masyarakat mengenai penumpukan sampah. Dengan demikian keluhan tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan diselesaikan.

Permintan itu disampaikan Bupati Blora, ketika bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar. Pembentukan satgas tersebut merupakan gagasan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bersama para relawan cinta kebersihan, Jumat (8/10).

Pengukuhan dilakukan Bupati, di bantaran Kali Lusi, di bawah Jembatan Kaliwangan Kelurahan Mlangsen, dengan membacakan Surat Keputusan dan menyerahkan alat kebersihan secara simbolis.

Usai pengukuhan, langsung dilakukan aksi bersih-bersih sampah di sekitar bawah Jembatan Kaliwangan. Sampah yang terkumpul, kemudian dinaikkan ke truk DLH dan diangkut ke TPA.

“Alhamdulillah kita kukuhkan Tim Sapu Bersih (saber) Sampah Liar Kabupaten Blora di tepi Kali Lusi ini. Kita berharap satgas ini menjadi ujung tombak penanganan sampah, untuk membantu DLH. Kita minta untuk aktif di media sosial, sehingga ketika ada laporan masyarakat tentang penumpukan sampah liar bisa segera dibersihkan,” ungkap Bupati.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh relawan, yang terlibat dalam kegiatan ini. Dengan bergerak bersama-sama, Bupati berharap lingkungan hidup di Blora bisa semakin bersih dan sehat.

“Kami titip pesan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadarannya, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya, atau bentuk bank sampah di setiap desa atau kelurahan, InshaAllah DLH siap memfasilitasi,” tambah Bupati.

Sementara itu Plt Kepala DLH Blora Drs Sugiyono MSi, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Sesuai arahan Bapak Bupati, Satgas Saber Sampah Liar ini tidak akan bekerja di Blora saja, namun juga di Kecamatan Cepu. Nanti akan kita bentuk tim lagi untuk Cepu, mengingat volume sampah yang potensinya besar ada di Blora dan Cepu,” ujar Drs Sugiyono MSi.

Ditambahkan Bayu Himawan ST MM, selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah, bahwa setiap hari jumlah produksi sampah di Blora mencapai lebih dari 30 ton.

“Rata-rata setiap hari ada sampah 34 ton yang masuk di TPA Temurejo Blora. Ini belum termasuk sampah di Cepu dan kecamatan lainnya. Oleh karena itu kita ajak masyarakat untuk bergerak bersama mengolah sampah yang benar. Kita siap memfasilitasi pembentukan bank sampah,” terangnya.

Adapun tim Satgas Saber Sampah Liar yang dikukuhkan tadi diketuai oleh Tri Ratna Puji Santoso selaku koordinator, dan beranggotakan para relawan dari berbagai wilayah Desa/Kelurahan. (HS-08)

Share This

Bupati Blora Minta Semua Mobil Dinas Pemkab Dirawat di Bengkel BWU

Beberapa Perangkat Desa di Kendal, Dilantik Dan Diambil Sumpahnya