Satgas Jogo Tonggo Desa Lebuawu Jepara Diisi Anak Muda

Bupati Jepara Dian Kristiandi memonitor dan melakukan evaluasi keberadaan Satgas Jogo Tonggo di Desa Lebuawu, Kecamatan Pecangaan. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Para pemuda di Desa Lebuawu, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, bersa,a pemdes setempat, bisa menjadi motor penggerak penanggulangan wabah Covid-19 di wilayahnya.

Dengan bergabung dalam satgas Jogo Tonggo, mereka melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk dengan mengajak warga melaksanakan protokol kesehatan.

Petinggi Lebuawu Noor Yanto, mengatakan anggota Satgas Jogo Tonggo di desanya memang didominasi oleh anak muda. Ini memudahkan dalam pengkoordinasian dan kinerja.

“Kita tiap RT ada posko siaga Covid-19 ini. Berbagai usaha sudah kita lakukan dan optimalkan untuk penanganan virus ini. Mudah-mudahan wabah segera hilang,” kata Noor Yanto.

Noor yanto menambahkan,  Desa Lebuawu juga berhasil menjadi juara harapan 1 tingkat kabupaten untuk Kampung Tangguh Nusantara. Kegiatan yang digagas oleh Polri ini, dalam menyiapkan desa tangguh dalam menghadapi pandemi ini.

“Di desa kami memang ada dua warga yang meninggal terkonfirmasi positif Covid-19. Meskipun demikian secara umum telah kita tangani dengan baik,” tandasnya.

Penjelasan tersebut disampaikan Noor Yanto, saat Bupati Jepara Dian Kristiandi, datang ke desa itu untuk memonitor dan mengevaluasi Satgas Jogo Tonggo.

Seperti dirilis laman resmi Pemkab Jepara, Rabu (4/11), seusai bertemu tokoh masyarakat di Kecamatan Mlonggo, Bupati datang ke Desa Lebuawu Kecamatan Pecangaan. Hadir pula saat itu Kepala BPBD Jepara Kusmiyanto, Kepala Dinas Kesehatan Mudrikatun, Kepala Bakesbangpol Dwi Riyanto sejumlah pimpinan OPD, dan Camat Pecangaan Saptwagus Karnanejeng Ramadi beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Pecangaan.

Dian Kristiandi dalam kesempatan itu mengapresiasi penanganan Covid-19 di Desa Lebuawu. Menurutnya, diperlukan sinergi semua elemen di desa untuk menangani pandemi ini.

“Dengan telah menjadi juara ke empat, menjadi bukti bahwa penanganan Covid-19 di Lebuawu sudah baik. Mari terus kita jaga dan tingkatkan,” kata Andi.

Bupati meminta kepada Satgas Jogo Tonggo, untuk tidak lelah memberikan edukasi dan contoh kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan. Hal ini lantaran kini masyarakat sudah banyak yang abai terhadap protokol kesehatan.

“Ini harus terus kita edukasi dan berikan contoh, agar Jepara bisa beranjak menjadi zona kuning dan kita bisa melakukan pelonggaran,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga disalurkan sejumlah bantuan logistik kepada pemerintah desa dan kecamatan. Di antaranya berupa beras, mie instan hingga masker. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.