Satgas Covid-19 Kendal Cek Penerapan Protokol Kesehatan di TPS

Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo memberikan keterangan kepada media usai bersama Satgas Covid-19 melakukan pengecekan kesiapan TPS di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Selasa (8/12/2020).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka pemantapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada masa pandemi, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kendal memantau persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Selasa (8/12/2020).

Hadir dalam acara pengecekan TPS di Desa Darupono, Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, Sekda Kendal, Moh Toha, Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto beserta OPD Kabupaten Kendal.

Sekda Kabupaten Kendal, Moh Toha mengatakan, kegiatan hari ini adalah pengecekan dalam rangka kesiapan TPS, untuk pelaksanaan pencoblosan besok, dengan memenuhi protokol kesehatan.

Dia pun menegaskan protokol kesehatan Covid-19 menjadi prioritas kerja KPPS dan Pengawas TPS di hari pencoblosan. Protokol kesehatan harus diterapkan di seluruh TPS, mulai dari jaga jarak, memakai masker sampai menghindari kerumunan.

Selain itu, kata Moh Toha, untuk lokasi diharapkan berada di ruang terbuka atau tertutup dengan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Selain itu, ukuran TPS juga harus diatur untuk memberikan ruang untuk menjaga jarak.

“Kami lihat di sini sudah menerapkan protokol kesehatan. Meski pelaksanaan di TPS-5 ini digelar di salah satu kelas di Sekolah Dasar Darupono,” ungkap Moh Toha.

Untuk setiap pemilih Pilkada 2020 akan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya sebelum masuk ke TPS. Apabila pemilih memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, tak diperkenankan masuk ke TPS dan akan menggunakan hak suaranya di tempat khusus yang disediakan.

“Hal yang harus diperhatikan yakni, saat hari pencoblosan nanti, suhu tubuh pemilih di atas 38 derajat akan diberikan tempat khusus untuk menggunakan hak pilihnya. Pemilih juga harus penggunaan masker. Selain itu, di TPS yang tertutup, KPPS diimbau setiap dua jam sekali harus istirahat di tempat terbuka. Jangan sampai dalam ruang tertutup bersama-sama lebih dari dua jam,” tandas Moh Toha.

Sementara itu Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo menambahkan, pihaknya akan menerjunkan 770 personel yang akan menjaga 2.242 TPS yang tersebar di Kabupaten Kendal.

“Tentunya ini dibantu oleh beberapa pihak, di antaranya dari Kodim Kendal, Satpol PP, instansi terkait lain dan juga dibantu ribuan personel dari Linmas,” ungkap Kapolres Kendal.

Ditegaskan oleh AKBP Raphael Sandhy, seluruh personel yang diterjunkan, sudah melalui tahapan swab test. Selain itu, Kapolres juga menjamin keamanan dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini.

“Jadi sekali lagi kami tekankan kepada masyarakat, untuk tidak perlu khawatir dan takut untuk datang ke TPS. Semua, baik KPPS, PTPS, tim pengamanan, sudah menjalani pengetatan protokol kesehatan. Baik rapid test maupun swab test,” pungkas Kapolres.(HS-EI)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.