in

Satgas Covid-19 Kembaran Gandeng Dokter Relawan Beri Konsultasi Gratis Bagi Warga Isolasi mandiri

Sumber : Banyumaskab.go.id

 

HALO BANYUMAS – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, membuat inovasi pelayanan untuk penderita Covid-19, yang menjalani isolasi mandiri. Dengan menggandeng dokter relawan, Satgas Covid-19 memfasilitasi konsultasi kesehatan secara gratis.

“Ini sebagai upaya meringankan beban warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Tanpa arahan dari dokter, menurut kami bisa berbahaya, karena mereka bisa mengkonsumsi obat tanpa resep dokter,” kata Camat Kembaran, sekaligus Ketua satgas Covid-19 tingkat kecamatan, Omar Udaya, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Omar mengatakan dokter relawan tersebut adalah Mey Dian Intan Sari. Dia bertemu dengan Mey, ketika Hipmi menggelar bakti sosial memberikan bantuan sembako bagi warga yang menjalani isolasi mandiri.

Camat Omar mengungkapkan bahwa warga yang sedang Isolasi mandiri membutuhkan konsultasi khusus, selain dari petugas Puskesmas.

“Di sela-sela pembicaraan, saya minta tolong keiklasannya untuk menjadi dokter konsultan. Kami ingin ada konsultasi kesehatan secara online, mengingat masih banyak warga yang isolasi mandiri kurang terpantau. Bahkan ada yang takut berobat ke dokter dan butuh konsultasi, tetapi karena isolasi mandiri tidak bisa keluar rumah,” kata dia.

Menurut Omar, dokter Mey Dian Intan Sari yang berdomisili di Desa Karangtengah Kecamatan Kembaran pun menyanggupi. Jadilah konsultasi kesehatan online gratis untuk warga Kecamatan Kembaran.

Layanan konsultasi melalui nomor WA 0815 6147 9515 ditangani operator dari kecamatan, untuk menyaring pertanyaan yang layak diteruskan ke dokter. Menurut Omar WA layanan ini sudah di-setting bisnis dan sudah tersedia manual guide, serta landing page, yang mempermudah warga dalam memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban.

Pertanyaan dari warga isolasi mandiri akan diteruskan ke WA Group Layanan Konseling, kemudian dokter Mey akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

“Jawaban dari dokter, akan diteruskan oleh WA Layanan, kepada warga yang bertanya. Keberadaan WA Group Layanan Konseling Isolasi mandiri, dimaksudkan agar ada pantauan dari Forkompimcam Kembaran,” kata Omar

Di tempat terpisah dr Mei Dian Intan Sari membenarkan awal pertemuan dengan Satgas Covid-19 kecamatan Kembaran ketika kegiatan bakti sosial untuk warga isolasi mandiri yang tidak mampu.

“Namun di sela-sela pembicaraan, Pak Camat menyampaikan banyak warga yang butuh konsultasi khususnya yang sedang isolasi mandiri. Akhirnya ya saya langsung putuskan saya siap membantu untuk konsultasi online yg isolasi mandiri khususnya wilayah kecamatan kembaran,” ungkapnya.

Layanan tersebut meliputi, konsultasi gratis pencegahan, penanganan, pengobatan bagi warga. Konsultasi untuk mempermudah warga yang menjalani isolasi, untuk memperoleh informasi, wawasan dan pengetahuan seputar Covid-19, sehingga mereka tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat, atau melakukan tindakan-tindakan yang justru dapat membahayakan nyawa.

Dokter Mey berharap dengan adanya layanan konsultasi ini, warga Kecamatan Kembaran yang menjalani isolasi mandiri, dapat lebih berhati-hati dalam pengobatan Covid-19. Selain itu juga termotivasi untuk segera sembuh dari Covid-19, menekan angka penularan, dan mengurangi risiko kematian akibat corona.

“Banyak warga yang tidak paham obat yang harus diminum. Memang ada obat yang dijual bebas, namun ada beberapa obat yang harus melalui fasilitas kesehatan,” kata dia.

Menurutnya, setelah konsultasi, warga merasa lebih percaya diri, tidak khawatir berlebihan dan mengerti apa yang harus dilakukan. Konsultasi tersebut juga sekaligus memudahkan warga, untuk bisa mendapat layanan kesehatan. Setiap harinya ada sekitar 10-15 orang yang berkonsultasi. (HS-08)

Share This

Pererat Jalinan Alumni, Unika Selenggarakan Adakan Virtual Homecoming

Presiden Jokowi Resmikan RS Modular Pertamina Tanjung Duren