in

Sandiaga Diminta Angkat Dieng Jadi Detinasi Internasional

Objek wisata Batu Angkruk, di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO SEMARANG – Wakil ketua komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mengusulkan agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, menggaungkan kembali Dieng menjadi salah satu destinasi wisata internasional yang wajib dikunjungi.

Konsekuensinya, Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarana yang baik, termasuk akses jalan yang lebar. “Orang kalau mau datang ke sini pertanyaannya pertama jalannya sudah lebar atau belum. Usut punya usut, ini jalan punya provinsi, jadi kabupaten dan pemerintah pusat tidak bisa bangun. Mudah-mudahan temen-temen Pemprov yang tadi kita undang, dapat menyampaikan agar segera dimulai sedikit demi sedikit, setahun demi tahun dilebarkan aksesnya. Jadi wisatawannya akan lebih banyak yang datang,” kata Agustina, seperti dirilis DPR.go.id, Minggu (6/6).

Dia juga menilai, Dieng saat ini sudah semakin baik dari segi penampilan, pelayanan, kebersihan, dan kerapihan. Namun akses jalannya masih belum memadai, karena masih terlalu sempit untuk dilalui dua mobil.

“Kemudian fasilitas PSU (Prasarana Umum) sangat memadai, cuma akses jalannya masih terlalu sempit apalagi kalau untuk dua mobil itu udah langsung ribet banget,” ungkapnya.

Agustin mengungkapkan di Dieng saat ini para wisatawan sudah dapat menikmati wisata paralayang, pendakian gunung, serta terdapat homestay yang menjadi penunjang ekonomi warga sekitar Dieng. “Nah padahal sudah bagus dan indah sekali. Saya yakin orang yang datang ke Dieng pasti tidak hanya sehari dua hari,“ terangnya.

Perhatian pada Dieng, juga diungkapkan anggota Komisi X DPR RI Hasannudin Wahid. Dia bahkan mengusulkan agar Sandiaga Salahuddin Uno mengadakan work from Dieng. Hal ini guna membantu menghidupkan kembali UMKM di Dieng, sebagaimana yang pernah work from Bali yang pernah digaungkan Menteri Parekraf beberapa waktu lalu.

“Pak Menteri, work from Dieng ini penting karena ini internasional. Kan Pak Menteri sudah work from Bali. Gantian, ini beda. Dieng ini wisata bumi, taman bumi dan mengandalkan view gunung. Itu programnya juga ada di Kemenparekraf. Di sinikan ada beberapa candi dan beberapa situs-situs yang bisa menarik wisatawan” kata Hasan, saat pertemuan tim kunspek Komisi X DPR RI dengan Bupati Bondowoso Salwa Arifin, di Dieng, Jawa Tengah, Jumat (4/6).

Hasan menjelaskan, Dieng merupakan suatu anugerah yang luar biasa. Dieng terkenal dengan udaranya yang sejuk, suasananya yang tenang, dan wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbit. “Karena itulah menurut saya perlu perhatian pemerintah. Ya Pak Menteri, ayo bekerja dari Dieng,” serunya.

Politisi Fraksi PKB ini, juga mengajak semua stakeholders dan mitra kerja, mengampayekan Dieng sebagai salah satu destinasi wisata. Di Dieng sendiri untuk Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) nya sudah berjalan. Sehingga sudah sangat layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Hasan juga mengapresiasi inisiatif Bupati Wonosobo beserta jajarannya, dalam menghidupkan kembali destinasi wisata ini. Menurutnya, yang terpenting bagaimana mewujudkan yang sudah diinisiasi ini agar berhasil dan berdaya guna dalam menggerakkan ekonomi kreatif masyakat

“Kita mengapresiasi itu. Tapi yang lebih penting dibutuhkan dari mereka itu sebenarnya adalah bagaimana kolaborasi mereka itu kemudian berhasil, berdaya guna di dalam praktik menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat,” kata dia. (HS-08)

Share This

Miliki Enam Modal Halal Nasional, Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Global

tiket.com, Kemenparekraf, dan Badan Otorita Borobudur Gelar Forum Diskusi Bersama Pemangku Kepentingan wisata Wilayah Joglosemar