Sambut Ramadan, Bupati Kebumen Tekankan Pencegahan Covid-19

Rapat Koordinasi Satgas Pencegahan Covid-19 serta kesiapan Ekonomi, Keuangan Industri dan Perdagangan (Ekuinda), Kamis (1/4/2021) di Gedung F Kompleks Kantor Bupati Kebumen. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menegaskan, penurunan kasus Covid-19, seiring dengan dilaksanakannya vaksinasi massal, tak boleh mengendorkan upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut.

Dia meminta agar organisasi perangkat daerah, menginvestarisasi satgas Covid-19 hingga tingkat desa dan menggiatkan kembali program Jogo Tonggo.

Hal itu ditekankan Bupati, dalam Rapat Koordinasi Satgas Pencegahan Covid-19 serta kesiapan Ekonomi, Keuangan Industri dan Perdagangan (Ekuinda), Kamis (1/4/2021) di Gedung F Kompleks Kantor Bupati Kebumen.

Rapat dibuka oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Kebumen Ristawati Puwaningsih dan turut hadir Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Perwakilan dari Polres, Kodim dan Kejaksaan, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Kebumen, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta sejumlah pejabat lain.

“Ada beberapa hal yang perlu diantisipasi Satgas Covid-19. Kita lihat sebaran Covid-19 di Kabupaten Kebumen beberapa hari ke belakang, ada 11 kecamatan yang sebarannya cukup banyak. Sehingga Satgas Kabupaten Kebumen akan menjadi koordinator sampai pada tingkat desa guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ungkap Bupati Arif, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Kemudian untuk menghadapi bulan suci Ramadan, Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, utamanya ketika malaksanakan ibadah di masjid atau musala.

Pemkab Kebumen juga akan membentuk posko-posko guna memantau pendatang dari berbagai wilayah yang masuk Kabupaten Kebumen termasuk pemudik.

“Akan ada surat edaran Bupati terkait pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan, kami akan mengimbau pelaksanaan protokol kesehatan sampai di masjid-masjid. Salat tarawih tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. Selain itu kami juga akan melakukan pengecekan pelaksanaan protokol kesehatan, pada pelaksanaan Salat Tarawih,” jelas Bupati Arif.

Terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, masih tetap dilaksanakan secara daring, mengingat angka sebaran Covid-19 masih cukup tinggi.

“Pemerintah Kabupaten Kebumen belum memberikan izin untuk pelaksanaan sekolah tatap muka baik SD, SMP maupun SMA di Kabupaten Kebumen karena akan terus dilakukan pengkajian selama periode ramadan dan diharapkan pada Bulan Syawal, sudah bisa melaksanakan sekolah tatap muka,” kata, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Bupati Arif juga mengimbau seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif dan keamanan. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.