in

Sambut HUT RI Ke-76, Pemkot Semarang Merah Putihkan Balai Kota

Gedung Balai Kota Semarang yang telah berhias dengan nuansa merah putih.

 

HALO SEMARANG – Meski dalam suasana keterbatasan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang memiliki cara menarik dalam menyambut peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di bulan Agustus ini.

Hal itu dilakukan dengan membalut Balai Kota Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 148 dengan nuansa warna merah putih. Sebanyak 17 tiang bendera merah putih terpasang di lantai paling atas gedung pusat pemerintahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Di bawahnya juga terbentang spanduk berukuran besar bertuliskan “SEMARANG SEMAKIN HEBAT”.

Selain di gedung balai kota, bendera merah putih dan atribut-atribut kemerdekaan yang lain juga dipasang pada sejumlah titik aktivitas Pemerintah Kota Semarang. Misalnya Rumah Dinas Wali Kota Semarang yang saat ini menjadi Rumah Isolasi Covid-19, Gedung Pandanaran di area Tugu Muda, dan Gedung Juang 45 di Jalan Pemuda yang berdekatan dengan Balai Kota Semarang.

Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris mengungkapkan, meski tidak semeriah biasanya karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun tak menyurutkan semangat untuk tetap menyemarakkan hari kemerdekaan dan meningkatkan kecintaan kepada negara Republik Indonesia.

“Pemerintah Kota Semarang mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dan menyemarakkan hari bersejarah yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan memasang dan mengibarkan bendera merah putih secara serentak mulai tanggal 1 Agustus s/d 31 Agustus 2021,” imbau Abdul Haris, Rabu (11/8/2021).

Dirinya juga menuturkan jika pada tanggal 17 Agustus 2021 mulai pukul 10.17 selama 3 menit, seluruh masyarakat diimbau untuk menghentikan aktivitasnya sejenak, berdiri tegak saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai pelosok wilayah.

“Guna mensosialisasikannya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan untuk pimpinan lembaga atau instansi pemerintah, Direksi BUMN dan BUMD agar memeriahkan HUT ke-76 RI,” lanjut Haris.

Imbauan Wali Kota Semarang tersebut menurutnya bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, kita tetap bisa mengapresiasi perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan dengan meningkatkan kecintaan kepada negara Republik Indonesia, salah satunya dengan turut serta memperingati hari kemerdekaan ini,” pungkasnya.

Senada dengan Abdul Haris, Asisten Administrasi Pemerintahan, Trijoto Sardjoko menjelaskan, bahwa dalam peringatan HUT RI kali ini utamanya Pemerintah Kota Semarang tetap menyelenggarakan kegiatan doa bersama secara virtual guna mengucap syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan kepada bangsa Indonesia.

“Guna menambah kemeriahan HUT RI kali ini, telah disusun rangkaian agenda kegiatan seperti Istighosah dan Doa Bersama dalam rangka Peringatan HUT RI dengan pembicara KH Fauzi Arkan dari Salatiga secara virtual, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tahun 2021 secara virtual, dan Festival Literasi Virtual,” terang Trijoto.

Dirinya juga menjelaskan bahwa HUT RI tahun ini sebagian besar kegiatan diselenggarakan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Terkait hal tersebut, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak menggelar perayaan seperti lomba karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan warga yang berujung pada peningkatan kasus Covid-19.(HS)

Share This

Sambil Bersepeda Di Pelabuhan Kendal, Kapolres Sosialisasikan Prokes

Nerazzurri Berpotensi Terjun Bebas