Sambut Event Besar, Jadwal Tahapan Seleksi Lelang Sekda Kota Semarang Diundur

Foto ilustrasi.

 

HALO SEMARANG – Penjadwalan pada tahapan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama atau Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang akan ada perubahan dari jadwal semula, yang dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) terbuka Sekda. Pasalnya dalam waktu dekat ini ada beberapa agenda besar kegiatan atau event baik skala nasional dan internasional, Rakornas Apeksi dan MXGP yang diselenggarakan di Kota Semarang.

Kepala Badan Pendidikan, Kepegawaian dan Pelatihan Kota Semarang, Litani Setyawati mengatakan, perubahan jadwal pada tahapan seleksi terbuka Sekda ini dilakukan agar para peserta yang ikut seleksi bisa lebih fokus mengikuti tes tersebut. Apalagi ada peserta seleksi Sekda yang menjadi panitia dalam kedua event tersebut.

“Saat ini, ada delapan nama yang lolos secara administratif yang telah diumumkan oleh pansel terbuka Sekda pada 24 Juni 2019 lalu. Untuk tahap selanjutnya mereka diwajibkan hadir untuk mengikuti seleksi tahap uji kompetensi dengan metode tes assesment yang digelar pada Rabu (26/6/2019) dan Kamis (27/6/2019) pukul 08.00 di ruang Loka Kridha Gedung Mr Moch Ichsan Lantai VIII Kompleks Balai Kota Semarang,” katanya, Kamis (27/6/2019).

Ditambahkan Litani, dalam tes assesment ini diterapkan sistem gugur, dan peserta yang lulus akan diumumkan pansel pada 8 Juli 2019 mendatang. Kemudian para pejabat yang lulus, akan mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu tes uji gagasan tertulis (penulisan makalah) yang akan digelar pada 15 Juli 2019.

Jadwal ini mundur dari jadwal semula yang telah ditetapkan pansel sebelumnya, yang mana tes tersebut sebenarnya dilakukan pada 9 Juli 2019.

“Adanya perubahan pada tanggal tes tersebut karena pada tanggal 2 Juli 2019 mendatang, pemkot sudah mulai menerima kedatangan para tamu Rakornas Apeksi, di mana dalam acara itu ada 98 walikota/bupati se-Indonesia hadir di Kota Semarang. Sehingga jadwal dari semula diundur karena peserta tes ikut jadi panitia, daripada tidak fokus saat tes sehingga diundur jadi tanggal 15 Juli 2019,” jelas Litani.

Lalu, untuk tes uji gagasan lisan (presentasi, wawancara) yang seharusnya terjadwal pada 11-12 Juli 2019, diubah jadi pada 17-18 Juli 2019. Sekaligus dilakukan penelusuran rekam jejak calon Sekda saat pelaksanaan seleksi.
Terakhir penyerahan tiga nama calon sekda hasil seleksi dengan nilai terbaik kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada 22 Juli 2019. Lalu pada tanggal yang sama, sekaligus langsung pengumuman hasil akhir seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama atau sekretaris daerah Kota Semarang.

Yang sebelumnya, tahapan itu masing-masing dilaksanakan pada 17-18 Juli 2019.

“Pada akhir Juli 2019 nanti, diharapkan seluruh tahapan seleksi sekda selesai dan sudah diperoleh sekda baru yang definitif. Perubahan jadwal tahapan seleksi ini semata-mata agar event yang digelar pemkot dapat sukses, dan seleksi sekda juga berjalan baik,” katanya.

Adapun nama-nama yang lolos ke tahap uji kompetensi Pansel terbuka yaitu, Endro Pudyo Martantono (Kepala Dinas Perhubungan), Fajar Purwoto (Kepala Satpol PP), FX Bambang Suranggono (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro).

Lalu, Iswar Aminuddin (Kepala Dinas Pekerjaan Umum),  Mukhamad Khadik (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Sapto Adi Sugihartono (Kepala Dinas Lingkungan Hidup), Ulfi Imran Basuki (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), serta Widoyono (Asisten Administrasi, Ekonomi dan Pembangunan serta Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah).

Secara resmi, Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan hal tersebut di website Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP)  Daerah Kota Semarang, sesuai dengan pengumuman nomor 13/Pansel-JPT/V/2019 tanggal 29 Mei 2019.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.