in

Sambut Bulan Ramadhan, Ratusan Warga Desa Sarirejo Ikuti Ziarah Makam Kiai Guru di Jabal

Sambut Bulan Ramadhan, Ratusan Warga Desa Sarirejo Ikuti Ziarah Makam Kiai Guru di Jabal

HALO KENDAL – Ratusan warga Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal mengikuti ziarah massal di Makam Kiai Guru Asy’ari di Jabal, Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Senin (28/3/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai tradisi warga Kaliwungu dan sekitarnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, dengan mendatangi makam orang tua, para kiai maupun ulama kharismatik untuk mendoakan mereka.

Tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun ini sempat terhenti selama dua tahun karena wabah Covid-19. Dan kini saat pendemi menurun warga kembali melakukan ziarah, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut Ketua Panitia Ziarah Massal Desa Sarirejo, Ahmad Isnaeni, setidaknya ada lima ratus warga desanya yang mengikuti ziarah massal ini. Mereka datang dengan menggunakan puluhan kendaraan roda empat.

“Ada 28 mobil yang mengangkut warga desa kami. Mulai dari Masjid Sarirejo menuju makam para auliya dan kiai yang ada di kompleks makam Jabal di Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan,” ungkapnya.

Isnaeni menjelaskan, ziarah diawali dengan menyambangi makam Kiai Asy’ari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kiai Guru. Kemudian dilanjutkan ke makam Pangeran Juminah, Sunan Katong dan makam kiai dan ulama lainnya.

“Rombongan juga dikawal oleh personel dari RAPI, pemuda Ansor, Banser, Fatayat NU dan Pemerintah Desa Sarirejo, supaya berjalan tertib aman dan mematuhi protokol kesehatan. Terutama menggunakan masker,” jelasnya.

Salah seorang warga Desa Sarirejo, Mujio mengaku, tradisi ini memang sudah lama dilakukan warga desanya. Terutama menjelang bulan suci Ramadan.

“Dengan melakukan ziarah, kita mendoakan para leluhur dan para pejuang penyebar Agama Islam di Kabupaten Kendal. Selain itu, juga mengharap mendapatkan berkah,” ungkapnya.

Sekretaris Desa Sarirejo, Sutrisno mengatakan, sudah lama kegiatan ziarah massal ini dilakukan warganya. Tujuannya untuk mendoakan para leluhur.

“Warga setiap menjelang bulan Ramadan selalu menyempatkan diri bersama-sama berziarah. Kami berdoa bersama, semoga semua dosa mendapat ampunan dan arwah para kiai dan ulama di tempatkan di sisi-Nya,” terangnya.

Sutrisno menambahkan, sekalipun kondisi pandemi sudah melandai, namun semua warganya diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ya meski ada beberapa yang membuka masker dengan alasan susah bernafas. Tapi warga tetap diingatkan oleh para satgas dari Ansor dan Banser untuk memakai masker,” pungkasnya. (HS-06).

Ratusan warga Desa Sarirejo Kaliwungu yang mengikuti ziarah massal di makam Jabal Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, Senin (28/3/2022).

Semarang Masuk Musim Pancaroba, Waspadai Hujan Ekstrem hingga Hujan Es 

Kapolda Jateng Jamin Keamanan TIIWG G20 di Solo