Saluran Air Di Kaliwungu Disulap Jadi Tempat Wisata Edukasi

Peserta mengikuti lomba mewarnai yang diadakan di sepanjang saluran berisi ikan, di Desa Sarirejo Kaliwungu, Minggu (21/3/2021).

 

HALO KENDAL – Warga Perumahan Graha Raya I Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu menjadikan saluran air menjadi kolam ikan.

Saluran yang berada di tengah kawasan perumahan itu tampak bersih, sehingga yang ribuan ekor ikan nila dan karper yang masih kecil terlihat di sepanjang saluran.

Paguyuban warga sengaja menjadikan saluran yang ada di tengah perumahan ini sebagai kolam ikan, sekaligus memberikan sarana edukasi kepada warga untuk menjaga lingkungannya.

Ketua Paguyuban Warga, Jawahir Muhammad mengatakan, pembuatan kolam ikan di saluran ini untuk memberikan edukasi kepada warga untuk bersama menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah ke saluran.

“Warga juga tidak boleh membuang limbah ke saluran perumahan, sehingga lingkungan menjadi bersih dan bisa menambah sejuk pemandangan di tengah perumahan,” terangnya, Senin (22/3/2021).

Jawahir menjelaskan, pembuatan kolam ikan di saluran ini tujuannya untuk memberikan edukasi kepada warga, yang nantinya akan menjadi tempat wisata.

“Ke depan lokasi ini akan menjadi wisata edukasi yang dipadukan dengan UMKM milik warga, sehingga perekonomian bisa kembali bangkit setelah pandemi,” jelasnya.

Selain itu, nantinya akan dijadikan lokasi wisata yang didukung dengan pasar ikan segar hasil dari kolam, dan jajanan pasar hasil dari warga sekitar, sehingga bisa memberikan nilai ekonomi bagi warga sekitar.

“Di lokasi itu juga bisa digunakan untuk kegiatan, seperti yang dilaksanakan kemarin Minggu (31/3/2021) ratusan anak mengikuti lomba mewarnai yang diadakan di sepanjang saluran berisi ikan,” ungkapnya.

Menurutnya, sambil mewarnai gambar, anak-anak bisa melihat keindahan saluran yang berisi ikan beraneka warna.

“Kegiatan ini untuk mengawali wisata edukasi dengan lomba mewarnai. sekaligus mengajarkan untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan saluran, agar ikan yang ada di sepanjang saluran ini bisa terawat dengan baik,” pungkas Jawahir.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.