Salah Satu Petarung MMA Terbaik Ini Pensiun Setelah Dikalahkan Penggemarnya

Anderson Silva/dok.

 

HALO SPORT – Ultimate Fighting Championship (UFC) kembali kehilangan petarung terbaiknya. Anderson Silva mengakhiri kariernya pasca berhadapan dengan Uriah Hall dalam UFC Vegas 12, Sabtu 31 Oktober 2020 atau Minggu dini hari WIB.

Dalam duel tersebut, Silva sebenarnya sempat tampil menjanjikan di awal. Berbagai kombinasi serangan dilepaskan Silva ke Hall.

Terlihat, Hall yang berusia 36 tahun kesulitan menghadapi Silva, yang telah berusia 45 tahun.

Namun, pada ronde ketiga, Hall mulai menemukan momentum dan kepercayaan diri. Beberapa hook telak Hall menghantam kepala Silva. Bahkan pada akhir ronde ketiga, Silva dibuat jatuh dengan hook keras dari Hall.

Ronde keempat, Hall mulai menemukan cara untuk menaklukkan The Spider. Satu pukulan telak, membuat Silva jatuh, Hall langsung menyambutnya dengan ground and pound. Wasit Herb Dean pun menghentikan laga di ronde empat menit pertama detik 24.

Partai melawan Hall menjadi yang terakhir bagi Silva di UFC. Belum jelas, apakah pria 45 tahun itu bakal pensiun, atau justru masih bertarung dengan bergabung ke franchise mixed martial arts lain.

Usai laga, Silva sama sekali tak bicara soal masa depannya. Namun dia menegaskan pertarungan melawan Hall menjadi yang terakhir baginya di UFC.

Duel Uriah Hall vs Anderson Silva di UFC Fight Night, Minggu (1/11/2020) pagi ini, memang menampilkan pertarungan penuh respek antara kedua atlet mixed martial arts (MMA) tersebut.

Setelah wasit memutuskan kemenangan TKO bagi Hall, tidak tampak arogansi dari petarung berjuluk Prime Time tersebut.

Petarung asal Jamaica ini kemudian menghampiri Silva yang masih berlutut dan meletakkan dahi di lantai. Hall lantas turut bersujud pula ke arah Silva.

Silva kemudian mengucap terima kasih kepada Hall, yang dibalas dengan rasa hormat dari sosok yang baru saja mengalahkannya tersebut.

“Terima kasih. Kamu adalah alasan mengapa saya melakukan ini. Kamu masih salah satu yang terbaik. Saya mencintaimu. Saya mohon maaf,” kata Hall yang mengaku sempat menjadi penggemar Silva.

Gestur saling menghargai kembali terjadi setelah Hall secara resmi diumumkan sebagai pemenang dalam duel puncak UFC Fight Night itu. Kedua petarung saling sujud dan berpelukan.

Sesuai rencana, setelah pertarungan melawan Hall, Silva akan pensiun. Silva merupakan atlet MMA veteran di UFC. Atlet 45 tahun itu telah berkarier secara profesional sejak 1997 dan masuk UFC pada 2006.

Sementara Hall saat ini masih tercatat sebagai penantang urutan ke-10 di kelas menengah UFC.
Presiden UFC, Dana White, memohon Anderson Silva untuk benar-benar pensiun menyusul kekalahan sang petarung dari Uriah Hall.

Anderson Silva menjadi salah satu nama yang kerap disebut dalam perdebatan soal siapa petarung terhebat sepanjang masa alias GOAT di UFC.

Silva pernah menguasai kelas menengah UFC dengan menjadi juara selama hampir tujuh tahun, tepatnya 2.457 hari, dan menjadi rekor terlama di ajang tersebut.

Silva juga memegang rekor kemenangan beruntun terpanjang di UFC yaitu 16 pertandingan dengan 11 pertandingan di antaranya untuk memperebutkan gelar juara.

Namun begitu, karier petarung berjuluk Spider tersebut anjlok semenjak dipermalukan Chris Weidman di UFC 162 pada Juli 2013.

Sejak itu Silva hanya menang sekali dalam delapan laga berikutnya, termasuk satu kemenangan yang dibatalkan karena gagal tes doping.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.