Sah, Pilkada Kendal Diikuti 3 Pasangan Calon

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria saat koordinasi bersama Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana berserta jajaran, baru-baru ini.

 

HALO KENDAL – Tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kendal, telah berakhir pada pukul 24.00, Minggu 6 September 2020 dini hari.

“Sesuai dengan pasal 38 ayat 4 PKPU 3 th 2017, pendaftran bakal pasangan calon ditutup pada hari terakhir pukul 24.00 WIB tanggal 6 September 2020. Seluruh parpol yg mempunyai kursi di DPRD telah mendaftarkan calonnya ke KPU,” terang Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, Senin (7/8/2020).

Dikatakan, tiga hari masa pendaftaran bakal pasangan Cabup-cawabup di Kantor Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kendal, tercatat hanya ada tiga paslon yang mendapatkan diri.

“Di hari pertama pendaftaran, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki yang diusung Golkar, PAN, PKS, Demokrat dan Perindo. Kemudian pasangan Ali Nurudin dan Yekti Handayani diusung PKB, Nasdem dan Gerindra. Yang terakhir pasangan Tino Indra Wardono dan Mustamsikin di hari terakhir dengan paratai pengusung PDI Perjuangan dan PPP,” papar Hevy.

Ditambahkan, setelah pendaftaran ini, kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan tanggal 8-9 September 2020 di RSUP dr Kariadi Semarang.

“KPU juga akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap dokumen syarat calon,” imbuhnya.

Lebih jauh Hevy menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin melihat dokumen bakal pasangan calon dapat dilihat di laman KPU Kabupaten Kendal, http://kab-kendal.kpu.go.id.

“Tanggapan masyarakat disampaikan paling lambat satu hari sebelum berakhirnya masa penelitian perbaikan atau paling lambat hari Senin 21 September 2020,” jelasnya.

Menurut Hevy, tanggapan yang dimaksud meliputi syarat pencalonan dan syarat calon sebagaimana diatur dalam Pasal 4 PKPU nomor 9 tahun 2020, tentang Perubahan Keempat atas Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017, tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Tanggapan disampaikan secara tertulis dengan mencantumkan nama, alamat lengkap dan dilampiri fotocopy atau scan identitas melalui surat dikirim atau diantar ke kantor KPU Jalan Soekarno Hatta 337 Kendal atau lewat email, kpuk43@gmail.com,” terangnya.

Hevy berharap, para pasangan calon dapat bekerja sama dalam semua tahapan, dan juga mematuhi protokol Covid-19 dalam semua tahapan.

“Baik nanti saat penetapan calon, saat pengundian nomor urut maupun saat kampanye,” pungkas Hevy.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.