in

Rutan Batang Resmi Miliki Ruang Pelayanan Khusus

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Fanny Yusuf Irawan memanfaatkan Ruang Pelayanan Khusus di Rutan Batang untuk menemui warga binaan pemasyarakatan. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Rutan Batang kini memiliki ruang layanan khusus bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), yang akan ditemui oleh stakeholder, seperti dari kepolisian dan Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana, mengatakan ruang tersebut digunakan bagi penyidik dari kepolisian, yang ingin menemui WBP untuk meminta keterangan jika masih ada perkara lainnya.

“Selain itu, ruang tersebut juga diperuntukkan bagi petugas dari Balai Pemasyarakatan ataupun penasihat hukum yang hendak menemui kliennya di dalam Rutan,” kata dia, Jumat (18/6), seperti dirilis Batangkab.go.id.

Petugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas, Sri Hartiningsih menjadi orang pertama yang menggunakan ruang layanan khusus tersebut.

“Ruangan khusus tersebut sangat membantu dalam mewawancarai. Ruang itu juga menjamin privasi klien (WBP) saat menemui stakeholder,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Fanny Yusuf Irawan, mengungkapkan ide pembangunan ruang layanan khusus tersebut, adalah untuk mengurangi mobilitas WBP di pintu 3.

Selama ini jika ada stakeholder yang akan menemui WBP, yang bersangkutan dipanggil harus melewati pintu 3 ke ruang pelayanan tahanan. Dengan penyediaan ruang khusus tersebut, diharapkan WBP tidak perlu melewati pintu 3.

Ia menambahkan, ruangan tersebut disekat dengan besi, yang memisahkan antara pengunjung, stakeholder dengan klien WBP.

“Penyediaan fasilitas layanan khusus tersebut, merupakan bagian dari inovasi layanan kepada stakeholder. Peningkatan layanan tersebut sebagai bagian dari pembangunan Zona integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ujar dia. (HS-08)

Share This

Beruntung Pensiun di Puncak Karier

Hakim Wasmat Pantau Rutan Batang via Daring