Ruang Penyimpanan Vaksin di Kendal Telah Dipersiapkan

Tempat penyimpanan vaksin Covid-19, di salah satu ruang di Kantor UPTD Instalasi Perbekalan Farmasi, di jalan Kiai Gembyang 25 Kendal.

 

HALO KENDAL – Pemerintah telah mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada 14 provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Tengah. Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Kendal menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Ruang penyimpanan (cold room) vaksin yang disediakan yakni berukuran 4 x 4 meter, berada di belakang kantor UPTD Instalasi Perbekalan Farmasi, di jalan Kiai Gembyang 25 Kendal.

Salah seorang petugas penjaga cold room, Abadi mengatakan, semua peralatan untuk penyimpanan vaksin sudah dipersiapkan. Pihaknya masih menunggu arahan Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

“Vaksin belum tahu kapan datang. Kami masih menunggu arahan dari Dinkes Jateng. Kita sudah persiapkan semua, tinggal menerima,” kata Abadi, Selasa (12/1/2021).

Dijelaskan, dalam ruangan penyimpanan, ada beberapa jenis vaksin yang ditempatkan dalam pendingin yang berbeda tempat dan suhunya. Yakni vaksin rutin imunisasi untuk balita, seperti Hepatitis B, BCG, DPT-HB-HiB, Campak dan Polio.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menjaga serta menjamin kualitas vaksin yang akan diberikan kepada sasaran, maka dalam ruangan cold room disediakan lemari es dan freeze.

“Di sini ada beberapa lemari es dan freeze penyimpanan vaksin, dengan pengaturan suhu yang berbeda. Untuk suhu penyimpanan vaksin Polio suhunya minus 15 sampai minus 25 derajat. Sedangkan untuk vaksin lainnya, rata-rata dua sampai delapan derajat,” jelasnya.

Saat ditanya, berapa kapasitas penampungan untuk vaksin Covid-19. Abadi belum bisa memastikan.

“Karena kami belum tahu ukuran dan bentuk vaksin yang dikirim nanti. Yang jelas sudah disediakan dua kulkas untuk vaksin Covid, dengan suhu dua sampai delapan derajat. Kalau untuk ukuran cair, satu kulkas ini mampu menampung 150 liter,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, guna mendukung pelaksanaan vaksinasi, selain tempat penyimpanan vaksin, Pemkab Kendal telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan.

“Seperti lima rumah sakit yang terdiri dari satu rumah sakit daerah dan empat rumah sakit swasta, 30 puskesmas, dan tiga unit klinik kesehatan,” ungkapnya.

Dikatakan, selain itu, Dinkes Kendal juga telah menyiapkan obat-obatan di masing-masing unit kesehatan untuk mengantisipasi Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI) yang tidak bisa diprediksi.

“Kami juga siap menyediakan obat dan alat-alat di setiap fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi. Ini untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca imunisasi dilakukan,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.