in

RSJD Dr Amino Gondohutomo Siap Lakukan Vaksinasi ODGJ

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang, belum lama ini.

 

HALO SEMARANG – Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah menyatakan siap untuk melakukan vaksinasi terhadap pasien ODGJ (orang dalam gangguan jiwa).

Prioritas tersebut sesuai yang diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan selain penyandang disabilitas pada vaksinasi tahap ketiga.

Direktur Utama RSJD Dr Amino Gondohutomo, Alex Jusran mengatakan, pihaknya mengaku siap untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap ODGJ, namun keputusan tersebut belum dia terima dari dinas kesehatan.

“Kita siap melayani pasien ODGJ,” kata Alex, Minggu (23/5/2021).

“Vaksinasi terhadap ODGJ otoritas kebijakan berada di dinas kesehatan,” imbuhnya.

Disebutkan Alex, sampai saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan atas penunjukan lokasi vaksinasi ODGJ. Baik dipusatkan di RSJD Amino Gondoutomo maupun di puskesmas.

“Di RSJD nantinya hanya sebagai tempat vaksinasi, tapi apakah terpusat di RSJD atau dibagi di puskesmas-puskesmas belum disepakati,” imbuhnya.

Alex menyampaikan, hal tersebut termasuk pendataan alokasi dosis vaksinasi yang akan diberikan kepada kelompok ODGJ.

Berdasarkan informasi yang dihimpun halosemarang.id, jumlah ODGJ yang dirawat inap di RSJD Amino Gondohutomo sebanyak 150 pasien.

Rata-rata berada dalam usia 20 hingga 40 tahun. Sementara yang menjalani rawat jalan sebanyak kurang lebih 20 pasien setiap harinya.(HS)

Share This

PSIS Terus Mantapkan Persiapan Jelang Liga 1 2021

Dua Lapas Di Kendal Jadi Klaster Baru Covid-19