in

RPH Kota Semarang Pastikan Siap Sambut Idul Adha

RPH Kota Semarang siap menyambut Idul Adha 1445 H.

HALO SEMARANG – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang memastikan siap untuk menyambut Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni 2024 pekan depan. Kepala Unit RPH Kota Semarang, Ika Nurawati menjelaskan persiapan untuk pemotongan hewan kurban pada Idul Adha sudah mencapai 90 persen.

Hingga saat ini sudah ada 65 sapi yang antre untuk dikurban pada hari pertama Idul Adha. Pihaknya pun masih membuka jika ada yang mau mendaftar.

“Hari pertama sudah 65 ekor sapi, 31 ekor kambing terdaftar di jadwal pemotongan. Itu masih ada yang mau daftar tapi kan kemungkinan agak siang dan distribusi kesorean, ada yang dipindah besoknya,” ujarnya, Rabu (12/6/2024).

Sementara itu untuk jadwal penyembelihan pada tanggal 18 hingga 20 Juni 2024 ada dari Baznas Jawa Tengah yang akan memotongkan 90 ekor sapi.

“Tahun ini akan sembelih sapi dari Baznas provinsi 90 ekor, akan dipotong pada Idul Adha hari ke dua, tiga, dan empat. Hari terakhir akan ada seremonial bapak Pj Gubernur, Bu Wali Kota, dan pengurus Baznas,” papar Ika.

Sementara itu, pihaknya menyiapkan enam tim petugas jagal yang siap menyembelih hewan kurban. Selain itu juga ada kerjasama dengan juru sembelih halal Kota Semarang.

“Petugas jagal kami ada enam tim yang kerjakan pemotongan di RPH. Dari petugas kami memang sehari-hari bekerja di RPH. Kita kerjasama dengan juru sembelih halal di DPC Kota Semarang,” ucapnya.

“Kita latih juga yang bertugas di Idul Adha. Teman-teman Juleha (Juru Sembelih Halal) yang setiap harinya membantu di RPH kita sebar di wilayah Kota Semarang,” lanjutnya.

Kemudian terkait pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Ika menjelaskan screening juga akan dilakukan sebelum dan sesudah penyembelihan.

“Kami melakukan pemeriksaan antemortem. Pemeriksaan sebelum hewan dipotong. Kami di sini ada dua orang dokter hewan. Kami dibantu juga dari Pusat Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Jadi untuk pemeriksaan antemortem dan posmortem setelah hewan dipotong kami dibantu dari PDHI dan Dinas Pertanian juga,” imbuhnya. (HS-06)

Belajar dari DKI Jakarta, Pemkot Semarang Bakal Punya Food Station

Ditanya Besarnya Dana Hibah Pilkada 2024, Ini Penjelasan KPU Kendal