Robot Karya Undip Siap Bantu Pelayanan Pemkot Semarang

Robot Sebemot dan Sebevimot siap layani pelayanan di Balai Kota Kota Semarang untuk menghindari kontak dengan masyarakat sebagai upaya pencegahan penularan Civid-19.

 

HALO SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bersama dengan Pemkot Semarang membangun sinergi dengan menjalin kerja sama dalam mengembangkan riset dan teknologi.

Hasil kerja sama pengembangan riset dan teknologi itu menghasilkan inovasi dua robot yang didesain menyerupai sepasang duta daerah, yakni Denok dan Kenang.

Robot akan digunakan membantu pelayanan dan ditempatkan di lobi Balai Kota Semarang dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Semarang.

Hal ini untuk menghindari kontak langsung sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengapresiasi kerja sama dengan pemkot untuk menjadikan Semarang berkembang menjadi Smart City.

“Kami berikan nama robot karya Undip untuk mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang yakni Sebemot dan Sebevimot,” kata Yos saat acara Penandatangan Komitmen Bersama antara Pemkot Semarang dengan Undip tentang Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam rangka Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Semarang, di Gedung Moch Ichsan, Rabu(16/9/2020).

Sementara, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi  mengatakan, pihaknya tergugah untuk bekerja sama pengembangan hasil riset dengan Undip Semarang, setelah menyaksikan wisuda Undip ke-159 dengan peraga robot menggantikan kehadiran peserta wisuda karena pandemi.

Menurutnya, Pemkot Semarang siap dijadikan laboratorium guna pengembangan dan penelitian lanjutan hasil riset Undip, utamanya yang mendukung percepatan penanganan Covid 19.

“Rencananya robot yang akan digunakan untuk membantu pelayanan akan ditempatkan di lobi balai kota dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Semarang. Selain itu akan ditempatkan di perpustakaan,” ujar Hendi.(HS)

 

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.