in

Ribuan Wisatawan Kunjungi Pantai Cahaya Kendal, Atraksi Lumba-Lumba Paling Diminati

Wisatawan yang berkunjung di objek wisata Pantai Cahaya Kendal, Sabtu (1/1/2022).

HALO KENDAL – Objek Wisata Pantai Cahaya Kendal, di Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari, pada libur tahun baru 2022 ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati wisatawan untuk dikunjungi.

Di momen liburan tahun baru dan liburan sekolah seperti saat ini, pengunjung di Pantai Cahaya Kendal melonjak drastis, mencapai ribuan perharinya.

Wisatawan yang hadir didominasi orang tua yang ingin memberikan edukasi tentang satwa kepada anak-anaknya. Salah satu wahana yang diminati yakni Pentas Lumba-lumba.

Untuk tiket biasa, Rp 20 ribu hanya masuk ke pantai dan mini zoo. Sedangkan untuk tiket terusan Rp 40 ribu, pengunjung bisa menikmati semua wahana yang ada termasuk lumba-lumba dan kolam renang

Menurut pengunjung yang sedang mengantre di wahana Pentas Lumba-lumba, Fatimah, dirinya rela mengantre untuk melihat lumba-lumba bersama keluarganya, karena memang harus bergantian.

“Saya bersama keluarga sengaja berlibur ke Pantai Cahaya dan ingin melihat atraksi lumba-lumba. Ya refreshing saja, setelah setiap harinya sibuk kerjaan kantor dan mumpung libur tahun baru,” ucap Fatimah, Sabtu (1/1/2022).

Sementara itu, Mustofa warga Kabupaten Temanggung yang datang bersama rombongan dengan menggunakan mobil bak terbuka mengaku sengaja datang jauh-jauh dari daerahnya untuk berlibur dan menghilangkan penat setelah setahun lebih di rumah karena pandemi Covid-19.

“Saya dan rombongan datang dari Temanggung. Meski harus mengantre lama tidak apa-apa yang penting kami bisa liburan,” ungkapnya.

Objek wisata pesisir Pantai Utara Jawa yang memiliki kapasitas 5.000 pengunjung ini, menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat saat menerima kunjungan wisatawan.

Terpantau, di pantai yang dipadati pengunjung, pengelola juga menyiagakan tim SAR dan petugas PMI, yang setiap jamnya terlihat berpatroli dan memantau perkembangan dan kondisi keamanan.

Petugas dari internal Pantai Cahaya juga terlihat hilir mudik di lokasi yang paling banyak dipadati pengunjung, untuk memberikan imbauan agar pengunjung tetap bermasker dan menjaga jarak.

Di lokasi, pengunjung diwajibkan sudah divaksin yakni dengan menggunakan barcode scan aplikasi peduli lindungi. Selain itu, pengunjung diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

Humas PT Wersut Seguni Indonesia selaku pengelola Pantai Cahaya Kendal, drh Viean menyampaikan, pembatasan pengunjung di objek wisata dilakukan sesuai dengan Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 19 tahun 2021 yang telah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Pemkab Kendal.

“Karena ada Inbup, kami membatasi jumlah pengunjung hanya sampai 3,750 orang atau 75 persen saja. Setelah terurai keluar, kita persilakan masuk lagi pengunjung yang lain,” terangnya, Sabtu sore (1/1/2022).

Viean menjelaskan, pengunjung di Pantai Cahaya Kendal melonjak drastis pada liburan tahun baru kali ini. Menurutnya, ini disebabkan dengan sudah banyaknya masyarakat yang tersasar vaksinasi pemerintah.

Meski demikian, pihaknya tetap menerapkan prokes ketat baik bagi pengunjung maupun bagi karyawannya.

“Di setiap wahana yang ada di Pantai Cahaya, kami menyiapkan petugas untuk melakukan cek suhu badan dan memasang barcode peduli lindungi,” jelas Viean.

Dirinya berharap, di tahun 2022 ini, pandemi Covid berakhir. Sehingga perekonomian dan sektor wisata khususnya di Kabupaten Kendal bisa kembali pulih, normal kembali.(HS)

Pembangunan Taman Ekobrick Rampung, Kini Siap Diresmikan Pemkot Semarang

Bertanding Di Bawah Guyuran Hujan, Siwo Jateng Harus Menyerah 3-4 Atas Doskar USM