in

Ribuan Umat Buddha Mengarak Air Suci dan Api Berkah ke Borobudur

Para Bikkhu mengikuti pawai Waisak Nasional 2566 BE di Kota Magelang, (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO MAGELANG – Ribuan umat Buddha Indonesia, Senin (16/5/2022) hari ini menggelar pawai dan arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur.

Prosesi pawai mengiringi api suci, air berkah, dan hasil alam itu diikuti berbagai majelis Buddha di Indonesia.

Peserta pawai mulai bergerak dari pelataran Candi Mendut sekitar pukul 07.30 WIB pagi tadi menuju Borobudur.

Rangkaian pawai memenuhi Jalan Mayor Kusen, Mungkid, Magelang, bergerak melewati simpang Tugu patung Soekarno – Hatta kemudian lewat Jalan Bala Putra Dewa.

Rangkaian pawai diawali dengan rombongan sepeda yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kemudian diikuti para biksu, biksuni, rohaniawan, serta perwakilan majelis Buddha lainnya.

Tampak Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sri Hartati Murdaya, yang ikut pawai dengan mengendarai mobil hias, serta jajaran pimpinan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi).

Tepat pukul 08. 00 WIB gerimis membasuh Kota Magelang. Meski demikian antusias warga menyaksikan pawai menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2566 Buddha Era (BE) atau tahun 2022 tidak surut.

Warga berbagai agama yang berjejer di sepanjang jalan, ikut melambaikan tangan tatkala iringan para Biksu dan rohaniwan yang melintas.

Mereka juga mengucapkan selamat hari raya Waisak kepada para biksu dan peserta pawai.

“Selamat Hari Raya Waisak, Semoga Berbahagia,” ucap warga serentak, Senin (16/5/2022).

Perwakilan berbagai agama juga menyambut peserta pawai, menjelang masuk gerbang Candi Agung Borobudur.

Dalam pawai tersebut peserta juga menampilkan semangat persatuan Indonesia, dengan mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi di Nusantara.

Majelis Buddha yang mengikuti pawai di antaranya Majelis Theravada Indonesia, Sangha Theravada Dharmayut Indonesia, Sangha Mahayana, Sangha Tantrayana Palpung, Sangha Mahanikaya Indonesia, Majelis Kasogatan dan Madatantri, Majelis Agama Buddha Guangji Indonesia dan Majelis Matresia.

Pawai Waisak ini juga mendapat perhatian dari turis mancanegara yang sengaja hadir menyaksikan rangkaian perayaan Tri Suci Waisak. Mereka berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Taiwan dan negara lainnya.

Rangkaian pawai ini berakhir di pelataran Candi Borobudur. Umat Buddha selanjutnya akan mengikuti meditasi Waisak yang akan digelar di pelataran Candi Borobudur mulai jam 11.00 WIB.

Puncak perayaan Waisak Nasional 2022, digelar malam ini di Candi Agung Borobudur, akan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bersama para menteri kabinet Indonesia Maju, sejumlah kepala daerah dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Waisak Nasional 2022 dengan mengusung tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagian juga diikuti secara daring oleh Wapres KH Ma’ruf. (HS-08)

Tantang Mahasiswa untuk Sukses, Wabub Karanganyar Cerita Budi Daya Ayam Petelur

Ganjar Lepas Parade Waisak: Saya Melihat Kegembiraan, Semoga Semua Berbahagia