in

Ribuan Siswa Dua Sekolah NU di Banyumas Ikuti Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 kepada 299 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Maarif NU 1, di Gedung Serba Guna NU Kecamatan Pekuncen. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Ribuan siswa dari dua sekolah NU di Kabupaten Banyumas, mendapatkan vaksin Covid-19. Mereka adalah para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Maarif NU 1 Pekuncen dan SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang.

Vaksinasi Covid-19 kepada 299 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Maarif NU 1, diilaksanakan di Gedung Serba Guna NU Kecamatan Pekuncen. Adapun vaksinasi kepada sekitar dua ribu siswa SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dan warga, dilaksanakan di sekolah itu.

Kepala MTs Maarif NU 1 Pekuncen, Masrukhin S Pd, mengatakan siswa sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, yang digelar berkerja sama dengan Puskesmas 1 Pekuncen tersebut.

“Alhamdulillah dari 334 siswa, yang bisa divaksin sebanyak 299 anak. Adapun 35 siswa berhalangan hadir,” kata dia.

Pihaknya juga membuat jadwal, berikut jam siswa datang. Dengan demikian dalam empat jam pelaksanaan kegiatan, tidak terjadi penumpukan atau kerumunan di lokasi vaksinasi.

Untuk melayani para peserta tersebut, Puskesmas 1 Pekuncen juga menurunkan 13 petugas, dipimpin oleh Kepala Puskesmas dr Dewi Astuti.

la berharap dengan adanya program vaksinasi covid 19 para siswa sehat dan kegiatan PTM dapat dilaksanakan dengan normal.

Masrukhin juga mengatakan walaupun sudah divaksin, para siswa diminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di manapun berada. Para siswa juga diminta untuk beristirahat dan tidak melaksanakan kegiatan berat, seperti futsal dan sepak bola.

“Setelah divaksin siswa tidak boleh berkegiatan yang berat dulu dan tetap patuh dengan protokol kesehatan dengan menjalankan 5M+1D. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan 1 D yaitu doa, agar Corona segera hilang,” kata dia.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Ajibarang, kepada sekitar 2 ribu siswa SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dan warga sekitar.

Adapun vaksin yang digunakan adalah Sinovac, terdiri atas 500 vaksin dari TNI dan 1.500 dari Polri.

Kapolsek Ajibarang AKP Wawan, mengatakan vaksinasi tersebut digelar untuk memastikan pembelajaran tatap muka akan berlangsung aman.

“Untuk mempercepat PTM di wilayah Ajibarang kami menggelar vaksinasi kepada 2 ribu siswa. Selain itu kegiatan vaksinasi itu juga akan bertahap kedepanya untuk pelajar di wilayah Ajibarang dan sekitarnya,” katanya.

Simulasi Tatap Muka di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang mulai dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2021, dan seluruh Guru Karyawan serta siswa yang berjumlah 2500 sudah di vaksin semuanya.

Kapolsek Ajibarang menambahkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan vaksinasi kepada siswa di wilayah Ajibarang yang belum divaksin, dengan sekali pelaksanaan vaksin 1000 dosis. .

“Karena masih banyak siswa di Ajibarang yang belum tervaksin, dalam waktu dekat kami akan menggelar vaksinasi ke sekolah yang lain,” jelas Wawan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, Zaenudin mengatakan setelah semua siswa divaksin, pihak pengajar akan merasa nyaman dalam menggelar sekolah tatap muka, ia mengucapkan terima kasih atas gelaran vaksinasi di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang oleh pihak Forkompincam Ajibarang,

“Setelah semua pengajar dan siswa di sekolah divaksin, kami merasa nyaman. Kegiatan PTM bisa dilaksanakan lebih tenang dan menyenangkan,” tandas Zaenudin. (HS-08)

Share This

Capaian Vaksinasi Jadi Acuan Level PPKM, Ganjar: Itu Bagus, Kawan-Kawan Bisa Ngebut

Lantik 5 Ketua TP PKK Kecamatan di Banyumas, Erna Husein Minta Kader Jadi Contoh Pelaksanaan Prokes