in

Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Milad ke-107 Muhammadiyah

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melepas peserta kegiatan jalan sehat Milad ke-107, Muhammadiyah Kota Semarang di halaman Balai Kota Semarang, Minggu (24/11/2019).

 

HALO SEMARANG – Merayakan Milad ke-107, Muhammadiyah Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan jalan sehat di halaman Balai Kota Semarang, Minggu (24/11/2019). Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi hadir secara langsung untuk melepas para peserta jalan sehat. Sebelum melepas, di hadapan sekitar 10.000 peserta yang hadir, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menyampaikan apresiasinya atas kontribusi positif Muhammadiyah bagi Indonesia, khususnya Kota Semarang.

“Muhammadiyah hadir hampir di semua fase kehidupan masyarakat, mulai dari mau melahirkan, anak-anak sekolah, pengobatan di rumah sakit, sampai pemakaman juga,” tegasnya.

Apresiasi Hendi itu didasari karena banyaknya jenis unit pelayanan masyarakat yang dikelola oleh Muhammadiyah di Indonesia. Di Kota Semarang sendiri Muhammadiyah mengelola sekitar 90 sekolah mulai dari TK ABA, SD/MI, SMP hingga SMA/SMK. Selain itu Muhammadiyah juga mengelola dua perguruan tinggi yakni Universitas Muhammadiyah dan Akademi Statistika Muhammadiyah.

Tak hanya di sektor pendidikan, Muhammadiyah hadir di sektor kesehatan dan sosial, melalui Rumah Sakit Muhammadiyah Roemani dan Husnul Khotimah dalam pelayanan kematian.

Hendi pun mengatakan, jika kontribusi dalam berbagai bidang tersebut telah menjadi representasi eksistensi Muhammadiyah di Indonesia, di samping usia organisasi yang sudah sangat lama.

“Usia Muhammadiyah jauh lebih tua daripada usia bangsa Indonesia, tapi justru semakin lama semakin menjadi organisasi yang kuat dan semakin eksis,” puji Wali Kota Semarang tersebut.

“Menurut saya hal tersebut karena Muhammadiyah mampu menjawab setiap tantangan zaman yang senantiasa berubah, melalui kontribusi-kontribusi pada berbagai bidang yang semakin hari semakin luas. Termasuk berkontribusi dalam percepatan pembangunan Kota Semarang,” tambahnya.

Di sisi lain, secara khusus Hendi juga menaruh harapan besar pada Muhammadiyah untuk terus mengawal keutuhan NKRI dan Pancasila.

“Hari ini dalam dinamika kehidupan berbangsa di Indonesia, ada oknum-oknum yang terus mencoba menggoyang keutuhan NKRI. Tapi saya yakin sekali jika NKRI akan semakin kuat. Sebab berbagai elemen bangsa justru akan semakin solid bersatu, termasuk Muhammadiyah yang menjadi bagian organisasi Islam besar di Indonesia,” yakin Hendi.

Acara jalan sehat dalam rangka Milad Muhammadiyah sendiri diramaikan juga dengan bazar murah dan pengobatan gratis. Keluar sebagai pemenang hadiah utama jalan sehat, warga Penggaron Kidul, Hartadi Hendratmoko.

Adapun setelah kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan di Balai Kota Semarang tersebut, rangkaian Milad akan dilanjutkan dengan pengajian akbar pada Senin, 1 Desember 2019 mendatang.(HS)

Pergulatan Batin “Orang Kasar” Dimainkan Apik oleh Teater Lingkar

Terkena Proyek Tol, Komisi D DPRD Kota Semarang Dorong SMP 16 Segera Direlokasi