in

Ribuan Penggemar Adventure Trail Ikuti Kejuaraan Bupati Kendal Cup #1 2022 di Sukorejo

Para peserta Bupati Cup #1 2022 Texas Adveture di Sukorejo saat melakukan start, Minggu (19/6/2022).

HALO KENDAL – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal menggelar Bupati Cup #1 2022 Texas Adventure dengan menggandeng komunitas motor trail Texas Sukorejo dan EO Mulya Berkah, Minggu (19/6/2022).

Dalam pelaksanaan, mengambil start di Lapangan Kebunan, Kecamatan Sukorejo, Kendal atau depan Wana Wisata Tledok Asri, kemudian untuk makan siang di Curug Terong dan finish di Lapangan Desa Gentinggunung, Kecamatan Sukorejo.

Acara juga diisi dengan Penobatan Raja Tanjakan FFA Sport Lokal Open dan Penobatan Raja Tanjakan Bebek, juga bakti sosial penyaluran bantuan sembako kepada warga Desa Gentinggunung, Kecamatan Sukorejo.

Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, tujuan digelarnya kejuaraan trail ini dalam rangka mewujudkan pengembangan sport tourism sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal.

Selain itu, juga untuk membina penggemar olahraga bermotor secara aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu olahraga bermotor.

“Harapannya, dapat mengurangi balap liar di jalan raya dan meningkatkan kesadaran akan tertib lalu lintas,” kata Ircham.

Selanjutnya, juga untuk mengembangkan, mendidik, dan meningkatkan mutu, pengetahuan dan tehnik, serta keterampilan dalam usaha pembinaan kepada pencinta olahraga otomotif motor trail.

“Yang terpenting, ajang ini dalam rangka meningkatkan prestasi generasi muda, khususnya di Kabupaten Kendal dan sekitarnya, dan menyalurkan bakat pada olah raga bermotor yang berbentuk,” ujarnya.

“Selain itu juga mempererat silaturahmi para pencinta motor trail dan guna memajukan olahraga otomotif khususnya motor trail di Kabupaten Kendal dan sekitarnya,” lanjut Ircham.

Sementara dalam acara penyambutan para peserta di lapangan Desa Gentinggunung, Bupati Kendal Dico M Ganinduto berkesempatan menyerahkan paket sembako kepada warga setempat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan, acara ini sebagai wacana dan sebuah kegiatan baru bagi masyarakat sekitar Sukorejo, khususnya dan peserta dari berbagai daerah pada umumnya.

“Saya mengapresiasi kegiatan adventure ini. Yang diikuti oleh para penggemar adventurer di wilayah pulau jawa. Selain untuk silaturahmi, juga menanamkan rasa tanggung jawab atas keselamatan orang lain maupun pribadi,” ungkap Dico.

Tujuan lainnya, lanjut Bupati, digelarnya acara ini juga dalam rangka memperkenalkan keindahan alam dan destinasi wisata wilayah Sukorejo kepada masyarakat pada umumnya dan kepada pecinta komunitas Motor Trail pada khususnya.

“Kita membantu menyalurkan kegiatan olahraga automotif khususnya motor trail ke arah yang positif, sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada. Kita juga menanamkan rasa disiplin dan percaya diri, umumnya generasi muda penggemar otomotif dan menanamkan rasa kepedulian terhadap tata tertib lalu lintas dan peduli lingkungan,” ujar Dico.

Selain Bupati, penyambutan peserta di Lapangan Desa Gentinggunung juga dihadiri Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii dan Forkopimcam Sukorejo dan Kepala Desa Guntinggunung, Suyitno.

Jarak yang ditempuh para peserta Bupati Cup # 1 2022 Texas Adventure sekitar 15 kilometer. Acara juga diisi dengan bakti sosial penyaluran bantuan sembako kepada warga Desa Gentinggunung, Kecamatan Sukorejo.

Panitia pelaksana dari EO Mulya Berkah, Wahyu Widianto mengatakan, Texas Adventure ini diikuti 1.200 peserta dari berbagai daerah di pulau Jawa, dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer.

“Terdiri dari adventurer trail dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan daerah lainnya dengan mengendarai Trail Build up dan modifikasi,” ujarnya.

Dipaparkan, untuk Adventure Trail ini, katagori FFA Open Lokal, Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta ditambah trophy dan piala bergilir, Juara II Rp 2 juta dan trophy, serta Juara III dengan hadiah Rp 1 juta ditambah trophy.

Sedangkan katagori Bebek, Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta ditambah trophy juga piala bergilir, Juara II Rp 2 juta dan trophy, serta Juara III dengan hadiah Rp 1 juta ditambah trophy.

“Kita juga menyediakan hadiah satu unit sepeda motor baru dan dua unit sepeda motor second,” papar pria yang akrab disapa Wiwid tersebut.

Sementara itu salah seorang peserta, Benny Karnadi, asal Sukorejo yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah mengatakan, kegiatan ini sangat positif. Sebagai pecinta motocross dan adventure, dirinya berharap, ke depan event-event seperti ini bisa terus digiatkan dan ditingkatkan.

“Ini kan sebagai ajang silaturahmi para adventurer dari berbagai daerah di Jawa. Tentunya bisa dikembangkan lagi untuk skala nasional. Dan kami selaku wakil rakyat di Provinsi Jawa Tengah, sangat mendukung,” ucap Benny.(HS)

Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Sojomerto Kendal Terbakar

Relokasi PKL Kariadi Akan Ditempatkan di Sekitar Taman Kasmaran Kampung Pelangi