Ribuan Kue Kuping Gajah Disusun Jadi Replika Masjid Agung Demak di Hotel Ciputra

Salah satu karyawan hotel Ciputra Semarang menunjukkan replika Masjid Agung Demak yang terbuat dari kue kuping gajah di lobi Hotel Ciputra Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pada Bulan Ramadan 1442 H Hotel Ciputra Semarang menampilkan hiasan untuk menyambut bulan puasa dan menambah suasana makin semarak, yakni berupa replika Masjid Agung Demak di area lobi hotel tersebut.

Adapun replika masjid ini terbilang unik, karena dibeberapa bagiannya, terbuat dari bahan dasar tepung dan telur. Seperti bagian atap masjid yang berbentuk limasan bertingkat tiga itu disusun menggunakan makanan kue kuping gajah.

Untuk membuat karya berupa replika masjid bersejarah dan melegenda ini, menghabiskan bahan sekitar 30 kilogram tepung, sembilan kilogram gula halus, enam kilo gram telur, dan empat kilogram margarin.

Tampak pada bagian atap terdapat tiga tingkat yang dihiasi dengan total sebanyak 16.800 keping kue kering yang biasa kita sebut dengan kuping gajah.

Sedangkan bagian badan atau dinding dari replika masjid dihiasi kuping gajah dengan rasa pandan yang berwarna hijau.

Di sekeliling replika masjid terdapat hiasan Bedug yang terbuat dari stereofoam yang dilapisi oleh cokelat.

Pemilihan kue kuping gajah sendiri karena keunikan bentuknya, serta kue kering ini sering dijumpai pada setiap parsel yang dikirim atau disajikan pada saat menjelang perayaaan Hari Raya Idul Fitri.

“Melalui Replika Masjid Agung Demak, diharapkan pengunjung dapat selalu melestarikan Budaya Jawa, khususnya sejarah penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Dengan hadirnya Replika Masjid Agung Demak di tengah-tengah area Lobi Hotel Ciputra Semarang, kami turut mengundang para pengunjung untuk bersama-sama merayakan Bulan Suci Ramadan ini dengan penuh rasa khitmad dan saling memberikan keberkahan, kebersamaan dan kesatuan dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Public Relations Executive HCS, Shela Tiara, Selasa (13/4/2021).

Shela menambahkan, tidak ketinggalan, pihak hotel juga memberikan Paket Buka Puasa juga ditawarkan oleh HCS kepada para pelanggan dan masyarakat khususnya di Kota Semarang yang telah rindu dengan makanan all you can eat.

“Dibanderol dengan harga Rp 189.888,- net per orang, HCS optimistis dapat meramaikan resto di lantai satu hotel. Dengan 250 jenis pilihan hidangan buka puasa yang bisa dinikmati oleh teman, kerabat, maupun kolega. Ada harga dan diskon khusus juga bagi siapa saja yang reservasi secara kolektif,” imbuhnya.

“Ramadan tahun ini kita sajikan beberapa sajian spesial yang tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan apalagi kita masih berdampingan dengan pandemi. Kami yakin hidangan kali ini bisa memanjakan lidah dan kami siap menyambut tamu bersama keluarga maupun kolega untuk berbuka puasa,” kata Executive Chef HCS, Otong Arif.

Menu yang disajikan pun selalu berganti setiap harinya.

“Ada enam rotasi yang pasti tidak akan bosan apabila memutuskan untuk buka puasa disini. Spesial saya juga telah menyiapkan menu khas Indonesia seperti aneka gorengan, aneka bubur, Nasi Ayam, Sate Lilit Bali, Aneka Soto, dan Gudeg. Ada juga makanan Western seperti Aneka Salad, dan juga Timur Tengah seperti Nasi Briyani, Roti Paratha, dan Chicken Tandoori, Kambing Guling, Kebab, yang tentu jarang didapatkan di resto manapun,” terangnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.