Revitalisasi Kawasan Polder Tawang Ditargetkan Rampung Mei 2021

Patung Proklamator RI Soekarno telah rampung berdiri gagah di Kawasan Polder Tawang Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pembangunan atau proses revitalisasi Kawasan Polder Tawang, saat ini terus dikebut.

Pembangunan patung Proklamator RI Soekarno pun telah rampung 100 persen, lalu proyek akan dilanjutkan untuk finishing gerbang keluar masuk stasiun dan pembangunan masjid di Stasiun Tawang.

Pantauan, Rabu (24/3/2021) siang, patung Bung Karno setinggi 17 meter telah berdiri gagah dengan tangan kanan mengacung ke atas, sementara tangan kiri memegang tongkat komando. Namun bagian kepala sang proklamator masih ditutup kain, pekerja pun sedang sibuk mengerjakan gate atau gerbang stasiun dan masjid Tawang.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, M Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan, untuk pembangunan patung Bung Karno, sudah 100 persen rampung. Saat ini tinggal finishing gate atau gerbang masuk dan keluar stasiun. Sementara masjid sudah mencapai 70 persen.

“Target selesai pengerjaannya sebelum lebaran atau Mei 2021 nanti bisa rampung,” katanya.

Ia menjelaskan, total anggaran pembangunan revitalisasi kawasan Polder Tawang mencapai Rp 28 miliar. Pembangunan ini berkesinambungan dengan Kota Lama yang telah direvitalisasi dan menjadi objek wisata andalan Kota Semarang.

“Nanti aksesnya dibikin satu jalur, nah kawasan ini juga bisa digunakan kantong parkir. Misalnya untuk bus ataupun kendaraan milik pengunjung Kota Lama. Nantinya kawasan ini juga bisa menjadi alternatif objek wisata,” terangnya.

Disinggung mengapa memilih sosok Soekarno untuk dijadikan ikon di Polder Tawang, pria yang akrab disapa Huda itu menjelaskan, selain proklamator, Soekarno juga sosok yang kental akan sejarah Semarang, yakni ketika meresmikan Tugu Muda saat hari Kebangkitan Nasional.

“Menurut sejarah beliau dua kali ke Semarang, jadi ada kaitan erat dengan kota ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu menjelaskan, setelah rampung ke depan patung Bung Karno ini bisa menjadi ikon baru Semarang.

Dipercantiknya Polder Tawang akan memperindah kawasan Stasiun Tawang yang berdampingan dengan Kawasan Kota Lama, serta menjadi destinasi wisata Kota Semarang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.