in

Reuni dan Temu Akbar, Ikaga Purbalingga Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan, Ikatan Alumni Ganesha (Ikaga), Minggu (24/9/2023), bertempat di SMAN 1 Purbalingga. (Foto : purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Sebagai bentuk kepedulian sosial dan kesetiakawanan, Ikatan Alumni Ganesha (Ikaga) menggelar kegiatan donor darah, Minggu (24/9/2023), bertempat di SMAN 1 Purbalingga.

Acara yang merupakan salah satu rangkaian Reuni Temu Akbar tersebut, untuk mempererat silaturahmi antar alumni serta memberi dampak positif bagi masyarakat secara umum.

“Semoga niat baik kami menjadi berkah, setetes darah dari Ikaga untuk membantu mereka yang membutuhkan,” kata Koordinator donor darah, Retno Prabandewi, sekaligus alumnus angkatan 86,.

Retno Prabandewi mengambahkan, kegiatan donor darah yang diinisiasi Ikaga angkatan 86, berlangsung rutin setiap dua bulan sekali, sejak tahun 2021, namun untuk kali ini dirangkaikan sekaligus dengan Temu Akbar Ikaga.

Dia mengatakan sedikitnya sejumlah 100 donor darah mengikuti kegiatan tersebut.

Retno Prabandewi pun berharap, dengan terlaksananya kegiatan donor darah, dapat mempererat tali silaturahmi antaralumnus, serta dapat memotivasi hidup sehat dan kepedulian sosial.

Dalam kesempatan lain, salah donor, sekaligus alumnus angkatan 2008, Pradhika Yudha Dharma, mengaku cukup antusias mengikuti kegiatan itu.

“Saya sengaja datang untuk menjadi donor darah dan kebetulan juga sudah waktunya menjadi donor. Sekaligus saya ingin memeriahkan acara Reuni Akbar. Harapannya, kegiatan semacam ini bisa terus menjalin silaturahmi serta berkontribusi bersama untuk ikatan alumni SMAN 1 Purbalingga tercinta,” kata dia, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Ganesa To Bike

Sebelumnya, Ikaga juga menggelar “Ganesa To Bike” dan “BTN-IKAGA UMKM Fair” di SMA N 1 Purbalingga, Sabtu (23/9/2023).

Acara ini merupakan rangkaian reuni yang diadakan oleh Ikaga yang pada hari sebelumnya juga sudah melaksanakan kegiatan Jumat berkah, dengan membagikan 7.464 nasi bungkus di sejumlah lokasi di Purbalingga.

“Tujuan utama dari kegiatan ini selain untuk mempererat silaturahmi antaralumnus, juga adalah untuk memberikan dampak positif bagi alumni serta masyarakat sekitar,” kata Ketua Ikaga, Bronto Sutopo.

Rangkaian acara dimulai dengan “Gowes Ganesha To Bike,” sebuah kegiatan bersepeda yang diikuti para alumnus SMA N 1 Purbalingga, mulai dari tahun 1965 sampai 201-an, serta dan para siswa sekolah itu.

Gowes dimulai dan berakhir di SMA N 1 Purbalingga, dengan rute yang mengarah ke Pasar Padamara.

“Ini bukan hanya menjadi momen berolahraga bersama, tetapi juga kesempatan untuk mengenali kembali lingkungan sekolah dan adik-adik angkatan yang masih bersekolah,” tambahnya.

Selain itu, ada juga ”BTN-IKAGA UMKM Fair ”, yang menjadi bagian penting dari reuni ini. Bazar ini merupakan wadah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Alumni SMA N 1 Purbalingga dan keluarga, untuk mempromosikan produk-produk unggulan mereka.

”UMKM Fair ini mempromosikan kegiatan usaha para alumnus dan keluarganya dengan unit usaha kulineri dan non kuliner,” kata Koordinator acara, Ghandi.

Dalam kesempatan lain, Siti Nur Amanah yang merupakan alumnus angkatan tahun lulus 2008 dan membuka stan snack, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini yang mendukung usaha para alumnus untuk lebih maju,” kata dia.

Acara reuni ini menjadi bukti nyata bahwa ikatan antara alumni SMA N 1 Purbalingga tetap kuat dan berdampak positif pada masyarakat sekitar.

Semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut dan memberikan inspirasi bagi almamater lainnya di seluruh Indonesia. (HS-08)

Dilantik Jadi Pj. Ketua PKK, Indira Agung Prabowo Akan Lanjutkan Penanganan Stunting

Tambah Destinasi Wisata Baru, Pantai Prawean Di-Launching