in

Restoran dan Rumah Makan di Enam Daerah Jateng Gelar Simulasi Pembukaan

Foto ilustrasi: Warung Makan Tegal (Warteg) di Jalan Prof Sudharto, Banyumanik.

 

HALO SEMARANG – Uji coba pembukaan restoran dan rumah makan di Jawa Tengah mulai diberlakukan di enam kabupaten/ kota. Simulasi tersebut dilakukan di daerah penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level dua.

“Uji coba sudah dilakukan untuk resto dan rumah makan di enam kabupaten dan kota. Namun kebijakan pemprov masih inline dengan kebijakan pemerintah pusat,” ungkap Riyadi, Kamis (26/8/2021).

Dijelaskannya, selain uji coba pembukaan di sektor gastronomi, simulasi pembukaan destinasi wisata juga dilakukan oleh dua kabupaten, yaitu Pantai Ngebum di Kabupaten Kendal, dan Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal.

“Untuk yang sudah buka Kota Semarang, yang melakukan simulasi ada di Kabupaten Kendal, Pantai Ngebum, dan Ujung Semi, kemudian Guci di Kabupaten Tegal,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan percobaan tersebut, lanjut Riyadi, pengunjung tidak turut serta mengikutinya.

“Mereka yang uji coba juga tidak melibatkan pengunjung hanya simulasi dengan pegawai,” imbuhnya.

Ia menekankan, kepada pemerintah daerah untuk mengajukan satu destinasi wisata yang akan dijadikan pilot project simulasi pembukaan. Rentang waktu uji coba yaitu selama satu pekan untuk diberikan evaluasi.

“Pasca simulasi satu minggu akan ada evaluasi dari situ bisa dilihat apakah daerah siap membuka obyek wisata atau tidak,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengusulkan aplikasi Peduli Lindungi dan Protokol Kesehatan diterapkan pada uji coba pembukaan rumah makan, mal, hingga pusat perbelanjaan.

Menurutnya, masyarakat juga mesti diberi pemahaman. Apabila ketika masuk ke mal atau pusat perbelanjaan dan restoran, ada indikasi positif Covid-19 maka wajib langsung diisolasi.

“Kalau saya melihat yang di Jawa Tengah kemarin beberapa uji coba berjalan. Termasuk tempat-tempat pariwisata, (sudah) saya minta untuk (mendata) mana yang mau dibuka, diuji coba dulu agar kita bisa ngerti (kendala dan pengawasannya),” papar Ganjar

Menurut informasi yang dihimpun halosemarang.id, terdapat emam daerah yang melaksanakan simulasi pembukaan restoran dan rumah makan, di antaranya Kudus, Magelang, Cilacap, Tegal, Pekalongan, dan Semarang.(HS)

Share This

Tangani Covid-19, Menkominfo: Pemerintah Terapkan Digitalisasi Dukung Solusi Komprehensif

Dituding Takut Hadapi Gaethje