in

Resmikan Menara USM, Mahfud MD Sebut Perguruan Tinggi Terus Bergerak Maju

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat memberikan sambutan peresmian Gedung Menara Universitas Semarang (USM), Kamis (21/10/2021).

 

HALO SEMARANG – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meresmikan Gedung Menara Universitas Semarang (USM), Kamis (21/10/2021).

Dalam sambutannya di peresmian menara tersebut, Mahfud mengatakan, pembangunan Gedung Menara USM menunjukkan perguruan tinggi yang terus bergerak maju. Menurutnya, semakin bergerak dengan berbagai aktivitas yang terus dikembangkan, maka semakin banyak fasilitas pendukung yang diperlukan.

“Pembangunan gedung menara Universitas Semarang ini, merupakan penanda bahwa kampus ini terus bergerak maju di dalam pengembangan institusi,” kata Mahfud yang juga menjadi Ketua Dewan Penyantun USM ini.

Dalam pengembangan kampus, Mahfud menyebut sejalan dengan visi yang hendak dicapai USM. Yaitu, menjadi universitas yang menghasilkan sumber daya insani yang profesional dan beradab serta berkeindonesiaan, berwawasan teknologi infromasi, dan pembangunan berkelanjutan, yang mampu bersaing baik secara nasional maupun global.

“Sejalan dengan visi tersebut, maka universitas ini tidak lagi sebatas menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul secara keilmuan tetapi unggul dari sudut karakter,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Sudharto P Hadi mengatakan, adanya gedung menara yang kokoh tersebut dapat mendorong kwalitas lulusan lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan dengan menara USM ini kwalitas lulusan kita menjadi lebih baik. Mudah-mudahan lulusan kita menjadi sarjana yang sujana, yang kritis bukan sarjana yang turjana. Mudah-mudahan juga kita jadi pelopor untuk inovasi sebagaimana yang dicanangkan oleh Pak Jokowi tentu saja dipelopori oleh perguruan tinggi,” kata Sudharto.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut hadir pada peresmian menyatakan, hadirnya menara USM dapat mendorong segala inovasi, riset, dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami ini punya PR (pekerjaan rumah) yang cukup serius, satu adalah bonus demografi. Kita butuh pangan yang banyak sekali, USM ambil peran yang mana? Karena tadi ada prodi teknologi pertaniannya. Termasuk diversifikasinya, produktivitasnya, sampai perhatian pada petaninya dan nelayan di dalamnya,” katanya.

Ia menyebutkan, di bawah Yayasan Alumni Undip, USM diibaratkan sebagai anak dari Undip yang merupakan bapaknya. Hal itu, diharapkan USM dapat mengambil peran dalam pembangunan negara.

Ia langsung menyoroti pekerjaan rumah yang dimaksud, yakni mengajak USM untuk mengatasi persoalan penurunan tanah di pesisir utara pulau Jawa.

“USM menjadi begitu penting buat kami, Undip sudah saya sambati berkali-kali dengan kerja sama terus-terusan dari awal. PR kami dengan Mas Hendi soal coastal area yang musti kita bereskan, siapa tahu bapaknya Undip anaknya USM ikut andil,” ujar Ganjar.

Rektor Universitas Semarang, Andy Kridasusila menuturkan, dibangunnya Menara USM untuk mendorong mewujudkan sarana dan prasarana mencerdaskan anak bangsa.

“Sinergi bersama ini kami harapkan bisa memberikan hal-hal yang positif untuk generasi mendatang,” ujarnya.(HS)

Share This

Percepat Pemerataan, Gerindra Jateng Dorong Vaksinasi Tanpa Domisili

Bank Jateng Raih Penghargaan The Best Financial Performance Bank dan The Best Bank in Digital Services Tempo Financial Award 2021