in

Resmikan KTN di Temanggung, BNPT Dorong Mantan Napi Teroris Jadi Petani Kopi Hebat

Peresmian KTN di Sidempul dan Warung NKRI di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Rabu (27/7/2022). (Foto :bnpt.go.id)

 

HALO TEMANGGUNG – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong agar para mantan narapidana terorisme di Temanggung, dapat menjadi petani-petani kopi yang hebat.

Hal itu diungkapkan Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar, berkenaan dengan peresmian Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Rabu (27/7/2022).

Hadir pula dalam peresmian itu, Ketua Kelompok Ahli BNPT, Habib Luthfi Bin Yahya; Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi; jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah; serta Forkopimda Kabupaten Temanggung.

Upaya mewujudkan KTN dn Warung NKRI tersebut, dilaksanakan bersama Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta Koperasi Rejo Mulyo.

Dia mengatakan pada lahan KTN seluas 10 hektare di kaki Gunung Sindoro ini, akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial, bagi para mantan napi teroris, atau yang oleh BNPT disebut mitra deradikalisasi.

Mereka bersama masyarakat sekitar, melakukan budi daya tanaman kopi Arabika, yang dapat mulai dipanen pada 2023.

Dengan demikian KTN dan Warung NKRI ini, dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar, sekaligus membuat mitra deradikalisasi mampu mandiri secara ekonomi.

“Mitra deradikalisasi akan menjadi petani kopi yang hebat dan tangguh, sebagaimana yang kita lihat di lingkungan desa Bansari. Kopi itu komoditas yang terkenal. Kami yakin di bawah bimbingan Kementan, akan menghasilkan keterampilan sebagai petani kopi,” kata Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar, seperti dirilis bnpt.go.id.

Jenderal bintang tiga ini, juga menyampaikan sebagai pusat reintegrasi sosial, nantinya mitra deradikalisasi akan dititipkan kepada koperasi, untuk bersama-sama masyarakat, meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung yang sudah terkenal ini.

“Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi, pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia,” lanjut dia.

Sebagai bentuk dukungan pada program KTN Temanggung, Kementan RI memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, 2 unit sprayer, 2 unit cultivator, 1 unit traktor, dan 1 ton pupuk organik. Selain bantuan fisik, Kementan RI juga akan memberikan pelatihan kepada mitra BNPT sehingga program pencegahan ini dapat dilakukan dari hulu hingga hilirnya.

“Kami memberikan support penuh kepada BNPT, agar terus kita memotivasi memberikan edukasi yang tepat, semua kegiatan pangan kita berbasis hilirisasi, hulunya pencegahan (terorisme), hilirnya pembinaan hingga produk jadi,” jelas Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi.

Sementara Sekretaris Daerah Temanggung, Hary Agung Prabowo, yang hadir mewakili Pemkab Temanggung menyampaikan pihaknya dan masyarakat akan senantiasa mendukung kemitraan dengan BNPT, berharap KTN akan segera memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

KTN Temanggung banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemkab Temanggung yang memberikan pupuk sebanyak 7,5 kuintal, kemudian PT Adhi Karya juga turut memberikan bantuan pembangunan warung NKRI dan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Jawa Tengah juga berpartisipasi dalam KTN Temanggung dengan memberikan 1.000 bibit tanaman hortikultura. (HS-08)

50 Strain Baru Monkeypox Ditemukan Dalam 3 Bulan Terakhir

Wamenag Imbau Jemaah Haji Makin Cinta Indonesia dan Sayang Sesama Makhluk