in

Resmikan Jembatan Simbangdesa, Bupati Batang Minta Bobot Kendaraan Tak Lebihi 8 Ton

Bupati Batang Wihaji meresmikan jembatan penghubung Desa Simbangdesa dan Desa Simbangjati. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Bupati Batang Wihaji meminta agar jembatan penghubung Desa Simbangdesa dan Desa Simbangjati, tak dilewati kendaraan dengan bobot lebih dari delapan ton.

Hal itu disampaikan Bupati Batang Wihaji, ketika meresmikan jembatan penghubung dua desa tersebut. Sebelum meresmikan, Bupati Batang juga melihat kondisi fisik, hingga fondasi jembatan penghubung, bersama pejabat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Batang.

“Jembatan ini diperbaiki, karena ada laporan dari warga, 30 tahun belum pernah diperbaiki. Oleh karena itu, saya perintahkan DPUPR untuk mengerjakan, dan Alhamdulillah sudah jadi,” kata Bupati Batang Wihaji, seusai meresmikan jembatan di Desa Simbangdesa, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (24/8).

Dia menjelaskan, sebelumnya kondisi jembatan penghubung yang menjadi akses utama warga itu sangat memprihatinkan, karena rusak berat. Bupati juga mengatakan, sebelum dibangun, dia sudah mengecek secara langsung kondisi jembatan tersebut. Saat itu dia melihat banyak aspal sudah mengelupas dan berlubag-lubang, sehingga sangat membahayakan pengguna jembatan.

Setelah perbaikan, pengujian juga sudah dilakukan, dengan cara dilalui truk seberat 15 ton.

“Tapi saya juga mengingatkan pengguna jembatan, agar tidak melebihi batas, maksimal jembatan 8 ton saja. Jika ada kendaraan yang muatannya lebih dari 8 ton, maka lebih baik lewat jalan lain. Karena jika dilewati kendaraan lebih dari batas maksimal secara terus-terusan bisa rusak,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Sementara Kepala DPUPR Kabupaten Batang, Nursito mengatakan, nilai kontrak proyek jembatan itu mencapai Rp 1,859 miliar dan dikerjakan CV Subur Makmur dari kota Semarang.

“Panjang jembatan penghubung sendiri mencapai 60 meter dan lebar jembatan 4 meter. Semoga selesainya jembatan ini bisa meningkatkan laju ekonomi warga serta pertanian,” ujar dia. (HS-08)

Share This

Baznas Kebumen Distribusikan Zakat, Infak, dan Sedekah Rp 718 Juta

BBC Batang akan Dilengkapi dengan Panggung Pertunjukan