in

Reses, Ketua Komisi A DPRD Jateng Terima Aspirasi Soal Infrastruktur

Muhammad Saleh dalam kegiatan menyerap aspirasi masyarakat. (Foto; dprd.jatengprov.go.id)

 

HALO SEMARANG – Warga di sejumlah daerah di Jawa Tengah, berharap pemerintah terus memperbaiki atau membangun infrastruktur di desa-desa di Jawa Tengah, terutama di wilayah yang berbatasan dengan gunung atau laut.

Permasalahan infrastruktur tersebut disampaikan anggota DPRD Jateng dari Fraksi Golkar, Muhammad Saleh, terkait hasil kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat dalam masa reses di daerah pemilihannya, yakni Batang, Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Kota Pekalongan.

Menurut dia, kondisi daerah pinggiran yang berbatasan dengan pegunungan (selatan) dan laut (utara), membuat pembangunan infrastruktur desa tidak secepat daerah perkotaan.

Selain itu juga masalah fasilitas sosial (fasos) dan umum (fasum) perlu dibenahi. Ada pula aspirasi mengenai pelatihan peternakan, UKM, dan pertanian.

Menurut Saleh, masalah normalisasi sejumlah saluran drainase yang sudah menyempit dan perlu dinormalkan, juga kerap mengemuka.

Ada juga penyampaian aspirasi terkait relokasi pasar. Seperti di Kecamatan Gringsing, Batang, masyarakat ingin pasar direlokasi ke tempat yang nyaman dan strategis, dengan harapan bisa memajukan perekonomian warga.

“Ada juga yang bertanya mengenai Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Terkait aspirasi masyarakat itu, sejumlah persoalan tetap kami kaji satu per satu. Seperti masalah normalisasi sungai, apakah bisa diakomodasi dalam aspirasi dewan atau tidak. Perlu kami komunikasikan dengan OPD, supaya tidak sama-sama overlap dengan kegiatan kabupaten,” kata Ketua Komisi A itu, seperti dirilis dprd.jatengprov.go.id, Sabtu (11/12).

Dalam kegiatan menyerap aspirasi, masyarakat juga menyinggung masalah hibah untuk ormas, organisasi, pendidikan, dan sebaginya,

Kepada masyarakat, Saleh menjelaskan bahwa sesuai pergub, untuk bisa memperoleh bantuan, organisasi, ormas, dan lembaga pendidikan wajib berbadan hukum, serta terdaftar di OPD yang membidangi. Diharapkan semua proses dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. (HS-08)

Sosialisasikan Ketentuan Cukai, Dinkominfo Blora dan Bea Cukai Gelar Pentas Kesenian

Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Sosialisasikan Perda Perlindungan Perempuan