Renovasi Lapangan Sidodadi Dianggarkan Rp 10 Miliar

Para remaja bertanding di Lapangan Sidodiadi Semarang/dok.

 

HALO SEMARANG – Renovasi Lapangan Sidodadi di wilayah Semarang Timur dianggarkan Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) sebesar Rp 10 Miliar.

Saat ini, pengerjaan Lapangan Sidodadi untuk dijadikan sport center atau fasilitas olahraga terpadu, masih menunggu selesainya detail enggineering desain (DED) oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang, Suhindoyo mengatakan, untuk tahap pertama pengerjaannya, adalah lapangan sepak bola dan jongging track atau lintasan lari. Nantinya, akan ada lima atau enam lintasan lari di lapangan tersebut.

“Tahun 2021 ini, perbaikan lapangan sepak bola dan jogging track. Jika space atau luasannya memungkinkan, rencananya ke depan baru dibangun lapangan futsal di sebelah selatan, dan lapangan voli di sebelah utaranya,” katanya, Minggu (7/3/2021).

Selanjutnya, kata dia, konsepnya belum ada tribun atau tempat duduk penonton seperti dengan GOR Tri Lomba Juang Mugas.

Sebab, lapangan Sidodadi dibangun tidak untuk digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event resmi, seperti Popda atau pertandingan resmi lainnya.

“Lapangan Sidodadi bukan untuk pertandingan resmi, memang dibangun agar warga bisa olahraga dan refreshing di sana. Tujuannya lebih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tempat olahraga dan sekaligus refreshing,” imbuhnya.

Anggaran untuk pembangunan, lanjut dia, dari Distaru dianggarkan mencapai Rp 10 miliar.

“Begitu, DED selesai, langsung tancap gas, untuk pembangunan fisiknya. Kami berharap fasilitas olahraga publik ini dimanfaatkan warga untuk kebutuhan kesehatan jasmani sekaligus tempat refreshing warga Semarang,” terangnya.

Sedangkan untuk membuka akses masuk lapangan, kata dia, agar lebih lebar, nantinya pihak Dispora berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

“Memang untuk urusan pembangunan jalan adalah DPU, dan Pak Wali sudah perintahkan DPU yang bangun jalan agar lebih baik. Menurut saya, lokasi strategis pintu masuk gerbang lapangannya dari Jalan Barito biar lebih terlihat, dan menghadap timur,” katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Semarang berencana untuk menambah tempat olahraga terpadu dengan memperbaiki beberapa lapangan sepak bola. Selain Lapangan Sidodadi di Semarang Timur, kemudian lapangan Gaharu dan Merbau, di wilayah Banyumanik. Selain untuk arena olahraga juga untuk area resapan air.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.