in

Rencana Penghentian Siaran TV Analog Beralih ke TV Digital, KPI: Wilayah di Jateng Mulai Diterapkan Agustus 2022

Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo.

 

HALO SEMARANG РKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menanggapi rencana penghentian siaran televisi  analog untuk beralih menjadi TV digital.

Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, skenario awal Kemenkominfo akan melakukan switch off televisi analog pada 17 Agustus 2021, namun karena ada perubahan jadwal, kebijakan itu baru akan dilaksanakan mulai April 2022.

“Jadi mulai April 2022 mendatang beberapa wilayah sudah mulai switch off TV analog migrasi ke TV digital. Lalu menyusul tahap II di wilayah lainnya yang mendapat giliran di bulan Agustus dan November. Kalau Jawa Tengah ikutnya di tahap kedua, di bulan Agustus sebagian besar Jawa Tengah harus analog switch off,” katanya, di Semarang baru-baru ini.

KPI berharap, peralihan dari televisi analog ke televisi digital ini segera terlaksana, dan memberikan sajian alternatif bagi masyarakat dengan tayangan atau siaran televisi yang berkualitas.

“Lebih bervariatif karena dari sisi jumlah televisinya jauh lebih banyak. Semoga alternatif- alternatif siaran itu bisa memberikan hiburan yang menyehatkan. Yang terpenting, televisi lokal juga harus tetap eksis,” imbuhnya.

Terkait jaringan infrastruktur di Jawa Tengah untuk mendukung digitalisasi televisi ini, sebenarnya sudah siap.

“Namun ada catatan dari pelaksanaan digitalisasi televisi tergantung pada keseriusan dari penyelenggara, dari lembaga penyiaran, terutama penyelenggara multipleksingnya. Kenapa saya bilang seperti itu, karena powernya masih kecil-kecil. Kenapa orang belum mau beralih ke digital, karena di beberapa wilayah belum bisa ditangkap siarannya,” terang mantan anggota KPID Jateng ini.

Kalau sudah bisa ditangkap signalnya dengan baik, lanjut dia, orang akan lebih suka nonton TV digital karena gambarnya jelas lebih bersih.

“Begitu juga suaranya lebih jernih, belum lagi teknologi yang diusung, nantinya bisa berfungsi memberikan early warning system (EWS) jika ada bencana seperti tsunami dan lainnya. Peringatan itu bisa diinformasikan secara khusus di satu wilayah tertentu,” pungkasnya.

Berdasarkan aturan terbaru Kemenkominfo untuk tahap I penghentian siaran televisi analog ke TV digital menjadi paling lambat per 30 April 2022. Tahap II, paling lambat 25 Agustus 2022 dan tahap III paling lambat pada 2 November 2022.(HS)

Share This

Antisipasi Bencana, Kodim Boyolali Siapkan Tiga Peleton

Tempat Hiburan Holywings dan Marabunta Semarang Disegel Selama Satu Bulan