in

Rektor USM Siapkan Perahu Listrik Bertenaga Surya di Desa Bedono

Rektor USM, Dr Supari ST MT mengunjungi Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak pada 14 Mei 2023.

HALO SEMARANG – Rektor USM, Dr Supari ST MT mengunjungi Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak pada 14 Mei 2023. Kunjungan tersebut sebagai tindaklanjut rencana kerja sama dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Semarang (USM).

Dalam kunjungan tersebut, Rektor didampingi Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH dan Kaprodi Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto MM MH.

Rektor dan tim USM diterima Ketua DPRD Kabupaten Demak, Fahrudin Bisri Slamet, Kepala Desa Bedono, Agus Salim, Ketua BPD Desa Bedono Muham Faiz, dan Kapolsek Sayung, AKP Suprapto.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain perwakilan Yayasan Puspita Bahari, Masnuah, Komite Ekraf Jateng Eko dan Bambang, serta perwakilan nelayan Desa Bedono.

”Tujuan kami ke Desa Bedono dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kunjungan ini sebagai langkah awal meminta izin kepada pihak pemerintah setempat dan meninjau lokasi yang berpotensi menjadi objek penelitian. Nanti Tim dari LPPM USM akan menindaklanjuti dengan MoU dengan Kades Bedono. Kami berharap, ke depan Desa Bedono pelan-pelan akan dibenahi menjadi desa binaan USM,” ungkap Rektor.

Menurutnya, ada beberapa sektor yang bisa dijadikan penelitian oleh dosen USM antara lain soal kemiskinan, pangan, kebutuhan energi, infrastruktur jalan, dan penanganan tanggul laut.

Pihaknya telah menyiapkan tim peneliti yang terlibat dalam penelitian di Desa Bedono. Mereka adalah Satria Pinandita, ST, MEng dibantu mahasiswa yakni Aditya Wicaksono, Lantar Bara Abimanyu, Dendi Firmanda, Fajar Aslamal Mahdi, Dwi Setiawan, Muhamad Winarko, Syndu Yoga Pratama, Muhammad Yusril Ihsan, Abdul Faqih dan Helga Evania Sutomo.

Keterlibatan mahasiswa tersebut sekaligus sebagai tugas akhir untuk syarat kelulusan mereka.

”Dalam waktu dekat, kami akan membuat inovasi perahu listrik bertenaga surya untuk perahu wisata yang akan digunakan mengantar peziarah ke makam Syekh Abdullah Mudzakir,” jelasnya.

Kepala Desa Bedono, Agus Salim berharap, masuknya USM bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi Desa Bedono. Di samping itu juga dengan inovasi perahu listrik bertenaga surya nantinya membantu mengurangi masyarakat membeli beban BBM untuk mengantar peziarah ke makam Syekh Abdullah Mudzakir.

”Kami menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran USM dalam membantu memajukan Desa Bedono,” ungkapnya.(HS)

DOB Kota Semarang Siap Dilibatkan sebagai Sukarelawan

Hadiri Talk Show Bersama Bupati Kendal, Ini Pesan Dirkorsup Wilayah III KPK RI