in

Realisasi Bulan Dana PMI tahun 2021 Lampaui Target

Acara serah terima dan penutupan bulan dana PMI di Sasana Bhakti Praja, Kamis (9/9). (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Perolehan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang tahun 2021, melebihi terget hingga lebih dari 22 persen. Semula capaian bulan dana PMI ditargetkan Rp 800 juta, tetapi dapat terkumpul lebih dari Rp 1,2 milyar.

Penjelasan itu disampaikan Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2021, yang juga Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Royhan Hidayatullah, dalam laporan pertanggungjawaban yang dibacakan Kasdim Mayor CPM Edy Nuryanto.

Laporan pertanggungjawaban tersebut, disampaikan dalam acara serah terima dan penutupan bulan dana PMI di Sasana Bhakti Praja, Kamis (9/9).

Lebih lanjut Edy Nuryanto mengatakan, dari perolehan dana tersebut, kemudian dikurangi untuk biaya operasional penyelenggaraan, sehingga memperoleh hasil bersih lebih kurang Rp 1,089 milyar.

Adapun dari hasil bersih tersebut, sekitar 10 persen atau lebih kurang Rp 108 juta, diserahkan pada PMI Jawa Tengah, dan selebihnya Rp 980 juta untuk penerimaan PMI Pemalang.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, yang hadir dalam acara itu turut menyampaikan apresiasi. ”Tak lupa saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, dan seluruh lapisan masyarakat, yang telah membantu menyukseskan Gerakan Bulan Dana PMI tahun 2021 ini,” kata Agung, ketika menutup kegiatan bulan dana tahun 2021 tersebut.

Agung menilai, bulan dana merupakan cerminan kehidupan Bangsa Indonesia yang saling tolong-menolong, dan bergotong-royong dalam kebaikan.

“Insya Allah apabila hal ini dapat kita lakukan dengan baik, maka semua permasalahan yang sedang dihadapi bangsa ini dapat dapat diselesaikan dengan mudah.” Lanjutnya, seperti dirilis Pemalangkab.go.id.

Atas capaian tersebut, Agung berpesan kepada pengurus PMI Pemalang, agar memanfaatkan dana tersebut dengan baik, dalam bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat.

”Manfaatkanlah dana tersebut sebaik mungkin, dan kembalikan dana tersebut kepada masyarakat, dalam bentuk pelayanan terbaik kepada setiap masyarakat yang memerlukan bantuan sesuai dengan program kerja PMI,” kata Bupati.

Agung juga meminta pengurus PMI Pemalang, agar lebih kreatif dalam menggalang dana, karena kebutuhan PMI ke depan akan semakin besar. Kebutuhan itu belum tentu dapat dicukupi hanya melalui gerakan bulan dana.

Sebagai salah satu alternatif solusi penggalangan dana, Agung mengajak pelaku usaha di Pemalang, untuk menyisihkan keuntungan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), untuk disalurkan melalui PMI Pemalang. (HS-08)

Share This

Bangun Infrastruktur Strategis, Pemerintah Pusat dan Pemkot Pekalongan Sinkronkan Program

CPNS Pemkot  Pekalongan Diminta Manfaatkan Vaksinasi Covid-19