in

Rayakan Panen, Warga Desa Tegalsari Batang Gelar Lomba Balap Motor Gabah

Para pengemudi ojek motor gabah, berpacu di Dukuh Pungangan, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Komunitas ojek gabah Desa Tegalsari, menggelar lomba balap motor, dengan kendaraan yang biasa mereka gunakan untuk mengangkut gabah.

Dalam lomba setelah panen raya padi itu, setiap peserta berpacu di medan berlumpur di sawah sambil mengangkut karung berisi gabah hasil panen. Adapun sirkuit yang digunakan, adalah persawahan di Dukuh Pungangan, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang.

Lomba diikuti 30 pengemudi ojek gabah, menggunakan motor bebek yang telah dimodifikasi. Lomba ini memperebutkan hadiah sepatu boots dan ban trail sepeda motor.

“Setiap pembalap merupakan anggota ojek gabah,  pembalap wajib membawa karung gabah melintasi sirkuit yang berlumpur,” kata dia seperti dirilis Batangkab.go.id.

Ketua Panitia Komunitas Ojek Gabah, Rokhim mengatakan kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan kegembiaraan petani dan buruh petani, seusai melaksanakan panen raya padi di tanah pusaka desa.

Keberadaan komunitas ojek gabah sudah ada sejak lima tahun yang lalu, namun baru kali ini digelar balap motor gabah.

Kepala Desa Tegalsari Daryono, mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kreativitas komunitas ojek gabah di wilayahnya.  Dia menjanjikan akan menjadikan balap motor gabah, sebagai agenda tahunan wisata desa.

“Selain hiburan dan olahraga, balap motor gabah ini akan menjadi ikon wisata desa dengan peserta dari para ojek gabah,” ujar dia. (HS-08)

Share This

Tanam Inpari 32 di Demplot, Kodim Batang Panen Raya

Senangnya Warga Segaran Didatangi Ganjar dan Jokowi, Sampai Ngimpi dan Rela Tak Sarapan Pagi